Pentingnya Peran Perguruan Tinggi  Membangun Pondasi Ekonomi Indonesia

Pentingnya Peran Perguruan Tinggi  Membangun Pondasi Ekonomi Indonesia

Category : Beranda , Berita , Events

(Pidato Ilmiah Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam acara Dies Natalis ke-58 FEB Undip)

Perguruan Tinggi adalah salah satu institusi yang penting untuk membangun pondasi ekonomi indonesia, oleh karena itu lulusan dari perguruan tinggi perlu meningkatkan dalam membangun kualitas SDM yang baik, karena yang tidak bisa digantikan oleh robot adalah  critical thingking. Kita sedang mengoptimalkan kompetitif, tantangan industri ke depan 4.0 adalah 3D printing, internet of thing, advanced robotics, artificial intelligence. Karena dengan menggunakan teknologi kita bisa mengurangi kesalahan salah satu pekerjaan di era yang akan datang yang dapat digantikan oleh  robot contohnya adalah  akuntan Hal itu dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan pidato ilmiah dalam acara Dies Natalis ke-58 FEB Undip dengan tema Digital Disruption : Peluang dan Tantangan Membangun Pondasi Ekonomi Indonesia 2045, Senin (9/4), di Gedung Prof. Soedarto, SH Kampus Undip Tembalang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan universitas punya peranan sangat penting dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Universitas disebut sebagai roda penggerak inovasi dan pengembangan teknologi dengan pendekatan Triple Helix dalam hilirisasi riset, yaitu sinergi antara pemerintah, swasta dan perguruan tinggi:ungkapnya

Sri Mulyani mengutip studi dari McKinsey (2016) yang menyebutkan bahwa pada lima tahun ke depan sebesar 52,6 juta jenis pekerjaan akan digantikan oleh mesin. Hal tersebut mengikuti tren global dimana 60 persen pekerjaan akan mengadopsi sistem otomatisasi, dan 30 persen akan menggunakan mesin berteknologi digital.

Hal ini yang berdampak pada pergeseran tren dunia dari sektor manufaktur ke sektor jasa yang membutuhkan tenaga kerja jenis middle-higher skilled, bukan lagi low-skilled labour. Di sisi lain, revolusi industri 4.0 juga membuka peluang baru karena potensi ekonomi digital di kawasan Asean, Indonesia secara khusus diperkirakan akan menjadi pasar dengan pertumbuhan ekonomi digital.

Rektor undip Prof.Yos Johan Utama dalam sambutannya mengatakan revolusi industri 4.0 adalah sebuah keniscayaan yang harus siap kita hadapai kunci untuk memenangkannya adalah dengan inovasi.

“Saya berharap kuliah umum ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman kita mengenai  revolusi industri 4.0 serta dapat kita ambil manfaatnya bersama”pungkasnya.


Statistik