Menggugah Motivasi Wirausaha Mahasiswa Dengan Alumni Mengajar

Menggugah Motivasi Wirausaha Mahasiswa Dengan Alumni Mengajar

Category : Beranda , Berita , Events

Setiap tahunnya Universitas Diponegoro meluluskan kurang lebih sebanyak 10.000 wisudawan. Oleh karena itu banyak alumni Undip yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan peran alumni bagi almamater, makan perlu kerjasama dengan Alumni salah satunya mengadakan kegiatan sharing pengalaman bekerja bersama alumni untuk bekal para mahasiswa dalam menghadapi dunia pekerjaan.

Guna menjalankan kegiatan tersebut maka melalui Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni bekerjasama dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip mengadakan Kegiatan Alumni Mengajar1st  dimana Alumni dapat memaparkan pengalaman dan kisah suksesnya dalam merintis karier di bidangnya masing-masing,  sehingga bisa sukses seperti sekarang dan bisa memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan skill sesuai dengan bidangnya masing-masing. Alumni juga dapat memberikan masukan dan nasihat kepada mahasiswa agar kelak bisa siap untuk menghadapi dunia kerja.

Adapun detil kegiatan Alumni Mengajar  sebagai berikut:

Tema:

“Menggugah Motivasi Wirausaha Mahasiswa Universitas Diponegoro”

 Pembicara:

  1. Setyo Maharso (Pengusaha Properti)
  2. Syanaz Nadya W.P, SH (Pengusaha Tas Rorokenes)

Laporan Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip Drs. Mujid F Amin, M.Pd mengatakan bahwa Alumni Mengajar tersebut Undip mengundang 2 narasumber yang berkompeten dalam berwirausaha, guna mengembangkan potensi mahasiswa yang harapannya akan muncul pengusaha- pengusaha sukses tidak hanya menjadi pegawai melainkan untuk berwirausaha.

Wakil Rektor III Undip Budi Setiyono dalam sambutannya mengemukakan bahwa Undip merupakan universitas yang ditunjuk oleh pemerintah untuk dapat menjadi universitas yang mandiri dan menjadi PTNBH secara penuh.

Lebih lanjut, Budi menambahkan selain dipercaya menjadi universitas yang mandiri, pemerintah berharap Undip dapat membawa nama harum bangsa di kanca internasional.

“ oleh karena itu kegiatan alumni mengajar untuk memastikan mindset tersebut diatas dapat terwujud, selain itu alumni dapat memberikan kiat- kiat apa yang harus dilakukan mahasiswa serta pemebekalan akan kesuksesan di medan kerja” tutur Budi.

Budi menjelaskan bahwa di Undip mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok. Yaitu, mahasiswa Job seeker dan mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya. Untuk mahasiswa yang ingin bekerja Undip telah memfasilitasi dengan Undip Career Center. Sedangkan untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya Undip memfasilitasi dengan Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip yang bekerjasama dengan Alumni membentuk Undip Community Business” Ujarnya.

(Oktora/Humas)


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864