Wujudkan Pengabdian Masyarakat, FKM Undip Gelar Festifal KIA 2018

Wujudkan Pengabdian Masyarakat, FKM Undip Gelar Festifal KIA 2018

Sabtu, (28/4) Wujudkan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip gelar Festifal KIA 2018 sebagai puncak dari rangkaian program ‘Surveilans KIA’, mahasiswa baru akan mengadakan acara ‘Festival KIA 2018’ di Lapangan Kelurahan Meteseh, Tembalang. Acara ini merupakan sarana untuk promosi kesehatan dan hiburan bagi ibu di daerah Surveilens KIA yang diharapkan dapat membantu mengurangi angka kematian ibu dan anak. Selain itu, serangkaian kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai agent of change ke arah yang lebih baik.

Perwakilan FKM Undip Suyatno, M.Kes dalam sambutannya mengemukakan bahwa Festival KIA tersebut merupakan kegiatan yang berkembang dengan baik di lingkungan kec. tembalang, kegiatan ini merupakan pengenalan bagi mahasiswa baru untuk turun langsung ke masyarakat dan melakukan pendampingan, harapannya mahasiswa mampu mengatasi masalah langsung di daerah terkait kesehatan ibu dan anak.

“ FKM Undip sudah menetapkan tembalang dan sekitarnya merupakan daerah binaan pendampingan untuk mengembangkan praktek belajar lapang bagi mahasiswa disamping KKN.

Dengan program yg berkelanjutan akan ada kerjasama yg baik antara undip dengan berbagai lintas sektor di bidang kesehatan masyarakat ”ujar Suyatno.

 Sambutan Ketua Panitia, Dimas Wahyu Nugroho mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat kecamatan tembalang dalam mendukung acara festifal KIA tersebut.

Dimas menambahkan bahwa Festival tersebut merupakan serangkaian kegiatan selama kurang lebih 1tahun dan sebagai penutup acara puncak Prospek Maba sejak 2017 lalu serta sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Yudhi Darmawan pembina Festival KIA 2018 mengucapkan terimakasih kepada dinas kesehatan yang telah mendukung program kesehatan ibu dan anak terutama di Kelurahan Rowosari dan Kedungmundu sebagai mitra binaan FKM Undip. Yudhi juga menambahkan 120 ibu hamil yang didampingi dalam keadaan sehat dan siap melahirkan,

Camat Tembalang Heru mengucapkan terimakasih kepada FKM yang telah menyelenggarakan Festival KIA yang merupakan kepedulian FKM Undip setiap tahun dilaksanakan.

Heru berharap kepada FKM setiap tahun acara tersebut dapat terselenggara dan FKM Undip selalu memperhatikan dalam pendampingan ibu hamil di Kec. Tembalang.

Camat menghimbau bahwa ibu-ibu yang sedang hamil adalah pemeriksaan setiap saat untuk memonitoring janin agar sehat dan selamat hingga melahirkan,

Kepala Puskesmas Rowosari dalam sambutannya mengatakan berkat kolaborasi antara puskesmas se-Kecamatan Tembalang dengan FKM Undip tercatat kasus AKI (Angka Kematian Ibu) pada angka nol atau tidak ada ibu meninggal saat melahirkan.

Festival tersebut dimeriahkan oleh berbagai acara dalam mendukung keluarga sehat antara lain senam sehat, leaflet makanan dan minuman sehat, lomba cerdas cermat untuk ibu sehat, lomba mewarnai anak, dan masih banyak acara meriah lainnya.

(Utami/Oktora-HUMAS)

 


Statistik

 
NEWS
PENERIMAAN MAHASISWA BARU – SELEKSI UJIAN MANDIRI VOKASI PROGRAM STUDI DI LUAR KAMPUS UTAMA 2018 DAPAT DIAKSES MELALUI LINK : http://um-online.undip.ac.id/umpsdku2018/
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864