Mahasiswa Undip Dorong Pemanfaatan Sampah

Mahasiswa Undip Dorong Pemanfaatan Sampah

Tim Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip yang terdiri dari Pebriana Yuni Chinantya Nainggoan (FKM 2015), Anisa Fathurohma (FKM 2017), dan Sintia Mashitoh (FKM 2017) dibawah bimbingan Dr. H. Nurjazuli, SKM, M,Kes memiliki sebuah ide untuk mengatasi pencemaran lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga di Kampung Pelangi kota Semarang. Tim ini membuat program Kreta Bunga (Kerajinan Tangan Ibu Rumah Tangga) sebagai Upaya Pemberdaan Masyarat Guna Mencemari Pencemaran Lingkungan

Ketua tim Pebriana Yuni Chinantya Nainggoan  mengemukakan bahwa Ibu-ibu rumah tangga di kampung Gunung Brintik ini didorong untuk dapat mengolah sampah yang selama ini belum diolah secara maksimal yang selama ini hanya dibiarkan menggunung sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

“Saat ini, Kampung Pelangi merupakan salah salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang sebelumnya merupakan kampung kumuh yang tak tertata. Banyak wisatawan asing maupun lokal datang ke kampung ini terutama pagi dan menjelang sore. Sehingga semakin banyak akumulasi sampah yang tertinggal di Kampung Pelangi  yang berasal dari para wisatawan yang berkunjung” ujarnya.

“Selama ini sampah di Kampung Pelangi belum dimanfaatkan dengan optimal. Sampah khususnya kardus, kertas dan plastik langsung dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara) yang terletak di belakang perkampungan kemudian berserakan sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan sekitar.”

“Kami berharap dengan program Kreta Bunga maka sampah dapat  dimanfaatkan menjadi produk yang kreatif, unik dan bernilai tinggi, kemudian meningkatkan kreativitas serta produktifitas ibu-ibu Kampung Pelangi dengan membuat produk kerajinan secara mandiri dan lebih beragam, kemudian mendirikan “Kampung Pelangi Art Gallery Corner” yang sekaligus dapat menjadi ikon tersendiri dari tempat wisata Kampung Pelangi, selain itu produk dapat dimanfaatkan sebagai cenderamata unik yang khas dari Kampung Pelangi sekaligus dapat meningkatkan perekonomian.” Imbuhnya.


Statistik

 
NEWS
SAFETY RIDING TRAINING,HALL D FKM UNDIP
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864