KKN PPM-Tematik Undip Sosialisasikan Produk dari Rumput Laut dan Bunga Melati

KKN PPM-Tematik Undip Sosialisasikan Produk dari Rumput Laut dan Bunga Melati

Beragam program diberikan mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata – Pengabdian Pada Masyarakat Tematik (KKN-PPM Tematik)  di Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Program-program tersebut meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga kewirausahaan.

Kegiatan KKN menjadi momen bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang mereka miliki kepada masyarakat. Pada tanggal 24 Juli 2018 lalu, mahasiswa KKN-PPM Tematik Kelompok Taniramamelakukan sosialisasi dan DemoPembuatan Produk yang berbahan dasar Rumput Laut dan Bunga Melati. Mahasiswa kelompok Tanirama membuat produk yang berbahan dasar bunga melati karena bunga melati merupakan potensi Sumber Daya Alam yang ada di Desa Kaliprau.

Produk tersebut meliputi produk pangan dan non pangan. Produk pangan yang disosialisasikan tersebut seperti sirup melati, jelly drink, permen jelly, dodol rumput laut. Dan untuk produk non pangan seperti handsanitizer, kamper, repellent, pengharum ruangan, dan salep gatal.

Pada sosialisasi tersebut tidak hanya menjelaskan bagaimana cara membuat produk-produk tersebut, namun juga terdapat penjelasan mengenai RAB (Rancangan Anggaran Belanja), daftar harga pokok bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk tersebut, penjelasan mengenai umur simpan produk, dan juga penjelasan tentang pemilihan kemasan serta logo produk.

Pada acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ibu Kepala Desa, UMKM, dan Masyarakat desa setempat. Ibu  Kepala Desa memberikan sambutan untuk program tersebut, dan masyarakat desa memberikan apresiasi yang baik selama sosialisasi berjalan. Ibu Kepala Desa mengapresiasi  beragam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Ia berharap, program-program yang diinisiasi oleh mahasiswa ini berdampak positif bagi masyarakat dan UMKM Desa setempat. (Ari Purnomo)


Statistik

 
NEWS
SAFETY RIDING TRAINING,HALL D FKM UNDIP
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864