Site icon Universitas Diponegoro

Tim FSM UNDIP Sabet Emas di NRCT Thailand

 Tim yang beranggotakan 3 mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika (FSM), yaitu Khuzyia Rizqi Triavi Ananda (Biologi 2015), Dinar Rahmi Larasati (Biologi 2015) dan Abdurrafi Alwan (Biologi 2015) berhasil meraih Medali Emas ajang “Thailand Inventor Day 2018” pada tanggal 2-6 Februari 2018 di Bangkok International Trade and Exibition Center (BITEC).

Acara tersebut diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) merupakan salah satu kompetisi terbesar di Asia, dan diikuti oleh negara Asia dan Eropa.

Negara peserta yang mengikuti kompetisi tersebut antara lain Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapura, Taiwan, Makau, Polandia, Rusia, Romania, Inggris, Mesir, Arab Saudi, Korea Selatan, India, dan negara- negara lain di belahan Asia Eropa.

Tim dari FSM Undip membuat inovasi produk tentang kesehatan untuk Diabetes Mellitus yang  berjudul “ Probiotic of Water Kefir with Extract of Kersen Fruits (Muntingia calabura) and Red Betel Leaf (Piper ornatum) as New Solution of Diabetes Mellitus.

Probiotik Water Kefir ini mampu menjadi solusi untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus karena bakteri pada probiotik ini mampu mengubah glukosa menjadi asam laktat dan kandungan ekstrak sirih merah mampu membantu menurunkan kadar glukosa pada darah serta buah kersen yang berkhasiat untuk meningkatkan sekresi hormon insulin.

 

 

Share this :
Exit mobile version