Site icon Universitas Diponegoro

PROFESSOR HIDEAKI KASAI DARI NATIONAL INSTITUTE OF TECHNOLOGY, AKASHI COLLEGE, JEPANG MELAKUKAN KUNJUNGAN KE SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Sebagai rangkaian kegiatan Visiting Professor Programme melalui skema World Class Professor, Sekolah Vokasi Undip menerima kunjungan Professor Hideaki Kasai dari National Institute of Technology, Akashi College, Jepang pada tanggal 7 – 21 September 2018. Professor Kasai merupakan seorang peneliti ternama di bidang hydrogen-based renewable energy yang memiliki h-index Scopus sebesar 28. Adapun kegiatan Visiting Professor ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi internasional bagi para civitas akademika di Universitas Diponegoro. Melalui kegiatan ini, diharapkan jumlah publikasi dengan sharing co-authorship bersama para peneliti di dunia dapat meningkat dalam upaya mencapai visi Undip sebagai World Class Research University.

 

Selama kunjungannya, Professor Kasai juga berkesempatan melakukan diskusi ilmiah dan pertemuan dengan para dosen, mahasiswa dan pimpinan antar Fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro diantaranya Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik dan Program Studi Diploma III Teknik Kimia serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi. Kuliah Umum bertema Japanese Education System and How to Publish in Reputable Scientific Journal berlangsung dengan sukses pada tanggal 19 September 2018 bertempat di Aula Sekolah Vokasi, Undip. Acara ini juga dihadiri oleh Mr Yuki Mizuno dari National Institute of Technology, Akashi College, Jepang dan Mr Walter Isotton dari Senior Experten Service (SES) Programme, Jerman.

 

Acara yang dibuka oleh Professor Budiyono selaku Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dengan didampingi oleh Dr. Ida Hayu Dwimawanti, MM selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, berlangsung interaktif dimana para undangan memperoleh kesempatan untuk langsung berdialog dengan seorang yang telah berpengalaman di bidangnya. “Professor Kasai memiliki hubungan yang baik dengan Sekolah Vokasi Undip mengingat Akashi College adalah salah satu Sekolah Vokasi terbaik di Jepang. Kami berharap, kerjasama ini dapat menguntungkan kedua institusi baik dalam bidang pertukaran mahasiswa, program dosen tamu juga program joint research dan co-authorship dalam penulisan artikel-artikel ilmiah di jurnal internasional”, ujar Prof Budiyono.

 

Adapun agenda Professor Kasai lainnya adalah diskusi ilmiah dengan para tenaga pendidik, kependidikan dan mahasiswa di Program Studi Diploma III Teknik Kimia dan Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI), Sekolah Vokasi Undip. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Mohamad Endy Yulianto, ST, MT selaku Ketua Program Studi Diploma III Teknik Kimia, dan Dr.Eng Vita Paramita, ST, MM, MEng selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan TRKI, Sekolah Vokasi, Undip. Kegiatan General Lecture dengan para mahasiswa serta Brainstorming Session dengan para tenaga pendidik dan kependidikan merupakan beberapa kegiatan diantaranya. (AS)

Share this :
Exit mobile version