Pada tanggal 29 Agustus hingga 15 September 2018, Program Studi DIII Teknik Mesin dan Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik Sekolah Vokasi Undip sukses menyambut kedatangan Professor Seiji Fujiwara dari National Institute of Technology, Akashi College, Jepang sebagai rangkaian kegiatan Visiting Professor Programme 2018. Kegiatan yang berlangsung selama 2 minggu ini meliputi berbagai agenda yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah para dosen namun juga diisi dengan Kuliah Umum bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lanjut ke Akashi College, Jepang.

National Institute of Technology, Akashi College, merupakan salah satu Sekolah Vokasi terbaik di Jepang. Sistem pendidikan Vokasi di Jepang yang lebih dikenal dengan istilah KOSEN merupakan sistem pendidikan yang unik dimana pendidikan Vokasi ditawarkan bagi para siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kemudian menjalani pendidikan selama 5 tahun. Para lulusan KOSEN kemudian mendapat gelar yang setara dengan jenjang Diploma III di Indonesia. Sebagaimana halnya di Indonesia, lulusan KOSEN juga memiliki beberapa pilihan yaitu melanjutkan ke jenjang Sarjana Terapan (yang dikenal dengan istilah Advanced Course dalam Sistem Pendidikan di Jepang) atau mencari pekerjaan. “Kesamaan antara sistem pendidikan Vokasi di Jepang dan Indonesia ini dapat menjadi jembatan bagi kita untuk meningkatkan kerjasama internasional, diantaranya pertukaran mahasiswa antar institusi”, ujar Anggun Puspitarini Siswanto, ST, PhD, dosen Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, Undip yang juga merupakan Visiting Associate Professor di National Institute of Technology, Akashi College, Jepang.

Kehadiran Professor Fujiwara diawali dengan Welcome Gathering oleh Dr. Agus Purwanto, SE, MSi, Akt selaku Wakil Dekan Keuangan dan Sumber Daya, Sekolah Vokasi, Undip pada tanggal 30 September 2018 di Ruang Sidang Dekanat Sekolah Vokasi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan audiensi bersama Professor Muhammad Zainuri, DEA sebagai Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip dan para pimpinan Sekolah Vokasi Undip serta Program Studi DIII Teknik Mesin dan Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik. “Kami menyambut hangat kedatangan Professor Fujiwara ke Undip sebagai bagian untuk mempererat hubungan kerjasama dengan National Institute of Technology, Akashi College, Jepang. Pendidikan Vokasi telah menjadi spotlight bagi kemajuan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, dimana kerjasama dengan negara-negara berkembang seperti Jerman, Switzerland dan Jepang sedang ditingkatkan”, ujar Professor Zainuri. Apresiasi juga disampaikan oleh Sri Utami Handayani, ST, MT selaku person in charge dalam rangkaian kegiatan Professor Fujiwara selama di Program Studi DIII Teknik Mesin dan Sarjana Terapan Rekayasa Perancangan Mekanik, Sekolah Vokasi, Undip. (AS)

Share this :