Site icon Universitas Diponegoro

UNDIP Gelar Alumni Mengajar ke-3

Kamis, (8/11) Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni bekerjasama dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip mengadakan Kegiatan Alumni Mengajar 3 di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Tembalang.

Acara tersebut merupakan ajang bagi Alumni dapat memaparkan pengalaman dan kisah suksesnya dalam merintis karier di bidangnya masing-masing,  sehingga bisa sukses seperti sekarang dan bisa memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan skill sesuai dengan bidangnya masing-masing. Alumni juga dapat memberikan masukan dan nasihat kepada mahasiswa agar kelak bisa siap untuk menghadapi dunia kerja. Mahasiswa hadir sejumlah 300 orang.

Adapun detil kegiatan Alumni Mengajar  sebagai berikut:

Tema:

“ Peluang Kerja dan Bisnis di Era Millenial”

 Pembicara:

Abdul Kadir Karding, Agustina Wilujeng, dan Heddy Lugito

Laporan Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip Drs. Mujid F Amin, M.Pd mengatakan bahwa Alumni Mengajar tersebut Undip mengundang 3 narasumber yang berkompeten guna mengembangkan potensi mahasiswa yang harapannya akan memotivasi para mahasiswa Undip untuk lebih tekun dan sukses, tidak hanya menjadi pegawai melainkan untuk berwirausaha.

Wakil Rektor III Undip Budi Setiyono dalam sambutannya menjelaskan bahwa di Undip mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok. Yaitu, mahasiswa Job seeker dan mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya. Untuk mahasiswa yang ingin bekerja Undip telah memfasilitasi dengan Undip Career Center. Sedangkan untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya Undip memfasilitasi dengan Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip yang bekerjasama dengan Alumni membentuk Undip Community Business” Ujarnya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan selain dipercaya menjadi universitas yang mandiri, pemerintah berharap Undip dapat membawa nama harum bangsa di kanca internasional.

“ oleh karena itu kegiatan alumni mengajar untuk memastikan mindset tersebut diatas dapat terwujud, selain itu alumni dapat memberikan kiat- kiat apa yang harus dilakukan mahasiswa serta pemebekalan akan kesuksesan di medan kerja” tutur Budi.

Dalam paparan materi Abdul Karding menjelaskan bahwa kelompok millenial merupakan generasi usia antara 17-34 tahun, dimana generasi tersebut akan menduduki puncak dalam komposisi demografi di Indonesia, yang berarti bahwa Indonesia akan mengalami penduduk dengan usia produktif yang melimpah.

“Digitalisasi dan otomasi di setiap lini kehidupan serta konektivitas dan interaksi antar manusia memaksa kita semua untuk menjadi insan yang melek teknologi” ujar Karding.

Share this :
Exit mobile version