Site icon Universitas Diponegoro

UNDIP TERIMA 2.146 SISWA YANG LOLOS SELEKSI SNMPTN

Setelah menunggu beberapa waktu dengan rasa harap-uarap cemas, akhirnya saat yang membahagiakan datang juga. Setidaknya ini dirasakan oleh 2.146 siswa yang dinyatakan lolos dan dinyatakan diterima di Universitas Diponegoro melalui jalur seleksi SNMPTN 2019. Mereka yang diterima, merupakan bagian dari 92.331 siswa yang dinyatakan lolos seleksi SNMPTN pada 85 Perguruan Tinggi Negeri. Jumlah tersebut termasuk 26.217 siswa dari peserta bidik misi. Secara nasional, keseluruhan siswa yang mendaftarkan diri melalui seleksi SNMPTN sebanyak 478.608 siswa.

Rektor Undip melalui Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zaenuri, DeA menyampaikan ucapan selamat kepada 2.146  siswa yang saat ini diterima di Undip melalui seleksi SNMPTN. Selanjutnya bagi calon mahasiswa yang diterima jalur ini, dipersilahkan untuk melihat secara rinci dan melengkapi data-data yang diperlukan sesuai petunjuk di web Undip. Mereka diharapkan hadir secara pribadi dan tidak boleh mewakilkan saat registrasi (daftar ulang), karena sebagai persyaratan untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan fakultas dan prodi yang dituju. “Saya berharap, semoga prestasi yang sudah diraih saat masuk melalui seleksi SNMPTN ini, dapat dipertahankan dan berlanjut ditingkat universitas nantinya” tutur Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Undip.

Sementara itu Kepala Humas dan Media Undip, Nuswantoro Dwiwarno  yang dihubungi media melalui telephon juga menyampakan hal senada. Dia menegaskan agar siswa yang sudah diterima melalui seleksi SNMPTN ini tidak menyia-nyiakan kesempatan, karena banyak siswa yang masih harus berjuang untuk masuk perguruan tinggi sesuai harapannya. Selain itu, menurut aturan baru dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mereka yang sudah diterima melalui jalur ini, sudah terkunci data dan namanya sehingga tidak bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN. “Bagi yang belum lolos seleksi SNMPTN, tetap harus semangat dan terus belajar serta berdoa untuk mengikuti test UTBK. Siapa tahu Tuhan memberikan jalan melalui jalur ini untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diidamkan” tutur dosen fakultas hokum di sambungan telephonnya.

Perlu diinformasikan bahwa persaingan masuk melalui seleksi SNMPTN tahun ini cukup ketat. Berdasarkan Siaran Pers yang dikeluarkan LTMPT, saat ini tercatat 478.608 siswa yang mendaftar seleksi SNMPTN, hanya 92.331 siswa yang dinyatakan lolos seleksi. Universitas Brawijaya tercatat menerima paling banyak dari jalur SNMPTN, yaitu 3.957 siswa. Sedangkan Universitas Syah Kuala tercatat paling sedikit menerima mahasiswa melalui jalur ini, yakni sebanyak 2.039 siswa.

Share this :
Exit mobile version