Para Pimpinan perguruan tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah mengeluarkan pesan moral kepada segenap Bangsa Indonesia yang berisi enam point penting menyikapi situasi terkini. Enam pesan yang disebut dengan “Pesan Jawa Tengah Untuk Indonesia” dibacakan dalam pertemuan di Gedung Prof.Soedarto Undip Tembalang, Senin,(20/5).

Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama selaku juru bicara menjelaskan 6 pesan moral para pimpinan perguruan tinggi tersebut merupakan pesan yang disampaikan kepada semua pihak dalam menanggapi situasi dan kondisi terkini.

Kami para pimpinan perguruan tinggi Jawa Tengah memperhatikan, menyaksikan kondisi dinamika politik nasional yang dalam kurun waktu ini mengalami gejala yang kurang kondusif, maka dengan kesadaran penuh sebagai bagian warga bangsa Indonesia, terpanggil untuk menyampaikan pesan moral kepada segenap bangsa Indonesia sebagai berikut :

  1. Bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang berbudaya luhur diantaranya prinsip “Ono rembug ayo dirembug”, untuk itu segenap permasalahan apapun yang dihadapi sudah selayaknya diselesaikan dengan mengedepankan budaya luhur serta musyawarah mufakat.
  2. Mengetuk hati nurani para patriot bangsa Indonesia baik yang sedang berjuang berkontestasi maupun yang bertugas menyelenggarakan tugas di medan demokrasi, untuk secara ksatria melaksanakan perannya dengan jujur,adil,berani,dan peduli serta mengutamakan nasib rakyat Indonesia.
  3. Mendukung peran patriot NKRI baik yang berasal dari institusi TNI dan penegak hukum POLRI, Kejaksaan Agung RI, Mahkamah Agung RI dan Mahkamah Konstitusi RI, untuk tetap bersikap netral dan tidak memihak pihak manapunyang sedang berkontestasi dalam pemilu.
  4. Mendorong penyelesaian yang segera,adil dan konsisten serta tegas berdasarkan hukum yang berlaku terhadap setiap pelanggaran yang terbukti secara hukum yang dilakukan pihak manapun.
  5. Menghimbau segenap civitas akademika, warga Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk tetap menjaga kondusivitas, saling menghormati, saling tenggangrasa, menghindari tindakan provokatif demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Mendorong kepada semua pihak untuk bersikap,berpikir,berucap,bertindak yang dilandasi nilai rahman dan rahim mengedepankan sikap kasih sayang kepada sesasama daripada sikap arogansi, sebagaimana nilai luhur masyarakat Jawa Tengah Surodiro Jayaningrat Lebur dening Pangestuti.

Demikian pesan Moral Perguruan Tinggi dan LLDIKTI VI Jawa Tengah kepada Bangsa Indonesia. Semoga Allah selalu melindungi Bangsa dan rakyat INDONESIA

Share this :