Site icon Universitas Diponegoro

Kabupaten Tegal dan Kabupaten Jepara Terima Mahasiswa KKN Tim II Undip

Mewakili Bupati Tegal, Drs. Abasari, MM.,  selaku staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, menyampaikan sambutan Bupati dalam acara Penerimaan Mahasiswa KKN  Universitas Diponegoro Kecamatan Pargerang dan Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, di  Pendopo Amangkurat, Kabupaten Tegal (8/7). “Melalui KKN ini diharapkan akan mampu memberikan kontribusi positif dalam memotivasi, mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi sebagai bagian dari capacity building, membangun pola pikir masyarakat agar lebih produktif dan berdaya saing di sektor ekonomi dan sosial” terangnya.

Abasari menyampaikan pelaksanaan KKN sebagai bentuk penerapan tri dharma, terutama terkait sumbangsihnya pada masyarakat juga menjadi pengalaman yang dapat dijadikan bahan evaluasi dan pembenahan maupun inovasi pada proses perkuliahan. Untuk itu, mahasiswa diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat setempat, membangun komunikasi yang baik dengan para stakeholders, menjaga kekompakan dan kebersamaan serta mengatur waktu sebaik-baiknya agar pelaksanaan KKN berjalan efektif dan efisien.

Mewakili Wakil Rektor II Undip, Dr. Eng. Agus Setiawan, S.Si., M.Si  mengatakan sebanyak 212 mahasiswa Undip yang diterjunkan di Kecamatan Pargerang dan Kecamatan Lebaksiu segera berbaur dengan masyarakat, mencari ide-ide bagus dan program-program kerja yang baik dan menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat di perkuliahan. “Semoga mereka bisa menjalin interaksi dengan masyarakat dan mempraktekkan teori untuk diaplikasikan di lapangan” tuturnya.

318 Mahasiswa KKN Undip Diterjukan di Kabupaten Jepara

“KKN penting dalam memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun masyarakat, sebagai pengalaman belajar pada para mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmunya, sebanyak 318 mahasiswa akan bersinergi membantu masyarakat ke arah pengembangan yang lebih baik”. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc., selaku Wakil Rektor IV Undip dalam acara Penerimaan KKN Undip di Kabupaten Jepara (9/7).

Mewakili sambutan Plt. Bupati Jepara, Asisten I Setda Jepara, Abdul Syukur mengatakan manfaat KKN diantaranya adalah implementasi perguruan tinggi dengan masyarakat, wahana strategis mengembangkan komunikasi, intelektualitas, kerjasama dan keterampilan serta memberikan manfaat untuk pengembangan desa. “Semoga dengan adanya mahasiswa KKN Undip ini akan membawa kesejahteraan dan kualitas hidup bagi masyarakat, masyarakat mendapatkan pengetahuan baru dan tentunya mahasiswa mampu bekerjasama yang baik dengan masyarakat”.

 

Share this :
Exit mobile version