Site icon Universitas Diponegoro

Mahasiswa UNDIP Semarang Ciptakan Platform Bisnis Jasa Online Berbasis Android dan Website


Beragamnya kebutuhan mahasiswa selalu menjadi pusat buruan para pengusaha dalam menciptakan peluang usaha. Sehingga mahasiswa menjadi salah satu pasar terbaik untuk menciptakan usaha dengan sustainable income. Berdasarkan survey kami kebutuhan jasa paling dibutuhkan mahasiswa ialah jasa rental, design, dan cetak (untuk penyelenggara event kecil dan besar mahasiswa). Kemudian jasa install OS laptop (untuk mahasiswa tugas akhir dan mahasiswa gaming). Namun sebagian besar mahasiswa di cenderung memilih tren social awareness yang konsumtif dan lebih aktif dalam mencari kebutuhan.

Sementara tren dunia digital di Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan data Global Web Index tahun 2015, jumlah pengguna internet di Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi kedua di dunia yaitu sebesar 430%. Begitu pula jumlah pengguna ponsel di Indonesia yang telah mencapai 281,9 juta orang, yang justru lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia, dengan rincian ponsel pintar sebanyak 65,2 juta (Katadata, 2016).

Transaksi pembelian online di Indonesia pun sudah menjamur. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk produk digital. Kendati menunjukkan kebutuhan pasar yang tinggi, dan peluang bisnis yang cukup bagus maka mahasiswa Universitas Diponegoro yang terbentuk dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahan Dikti yang terdiri dari Linggar Maretva Cendani (S1 Informatika), Johanadi Santoso (S1 Informatika), Hanif Ramadhani (S1 Informatika), Bimanto Bayu Bintoro (S1 Matematika), dan Ganis Grahandika (S1 Matematika) bersama dengan dosen pendamping Siti Khabibah, S.Si., M.Sc untuk terdorong membuat bisnis berbasis aplikasi di android yaitu In Corporation : Jasa Online Desain-In, Rental-In, Cetak-In, Dan Instal-In Berbasis Android (In Apps). In Apss akan hadir menjadi aplikasi jasa rental, desaign, cetak, dan instal pertama di Indonesia. Selain itu In Corporation juga hadir dalam bentuk platform yang dapat diakses di website (www.in-corps.com).

 

Share this :
Exit mobile version