Site icon Universitas Diponegoro

Bangun Budaya Maritim, Undip Delegasikan 45 Mahasiwa KKN Tematik ENJ 2019

Sabtu (13/7) Universitas Diponegoro bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman resmi melepas 45 mahasiswa KKN Ekspedisi Nusantara Jaya tahun 2019 di Quality Hall Undip Tembalang. Program yang ditujukan salah satunya untuk membangun jiwa kemaritiman generasi muda ini, agar terus berlanjut di kemudian hari. Program KKN Tematik tersebut akan berlangsung selama 30 hari bertempat di wilayah pengabdian di Karimun Jawa.

Diketahui, program ENJ ini adalah inisiasi dari Kemenko Bidang Kemaritiman untuk mendukung penuh cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia dan juga sebagai tindakan nyata revolusi mental yang dicetuskan oleh pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo. Program ENJ telah berlangsung sejak tahun 2015 hingga saat ini, dan dari tahun ke tahun animo berbagai pihak yang ingin mengikuti terus bertambah dan sangat antusias.

Rektor Undip melalui Ketua LPPM Dr. Jamari, S.T., M.T mengatakan bahwa LPPM akan mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Lebih lanjut Jamari mengatakan bahwa mahasiswa harus dapat menerapkan standart ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan.

“ sudah saatnya KKN Tematik Undip harus berkiprah, tantangan kita bersama dengan menggandeng banyak pihak seperti Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman, diharapkan dapat menjaga citra Undip serta mengabdi kepada masyarakat dan nusantara” tutur Jamari.

Perwakilan dari Kemenko Maritim RI Muhamad Suhendar, SE., M.Si mengatakan bahwa “ Melalui kegiatan ini kita ingin agar masyarakat kembali untuk mecintai laut, kita ajak para generasi muda untuk mengunjungi pulau-pulau terluar dan terdepan di nusantara, dengan harapan agar mereka dapat melihat langsung dan dapat membantu masyarakat disana dengan ilmu yang mereka miliki, dengan sinergitas seluruh stake holder dan dengan dukungan dari seluruh pihak program ini harus bisa berkesinambungan” ungkap Suhendar.

Share this :
Exit mobile version