Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengadakan International Summer Course (ITroSCo) untuk mahasiswa asing pada tanggal 29 Juli – 7 Agustus 2019. Opening ceremony dibuka oleh Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis, Dr. Darsono Selasa (30 Juli 2019) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang ditandai dengan inagurasi berupa pemakaian atribut topi Undip kepada para peserta.

Kegiatan ini selain untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing di FPIK juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa universitas mitra di luar negeri untuk belajar mengenai pelestarian lingkungan pesisir dan mengenal biota pantai/laut tropis di Semarang dan di kepulauan Karimunjawa. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari kultur tradisional indonesia, seperti membatik serta mengenal kultur warisan belanda dan china yang turut membentuk kota Semarang.
Tahun ini ada 15 mahasiswa asing peserta ITroSCo yang berasal dari enam negara yaitu Amerika, Malaysia, Singapura, Taiwan, Swedia dan Jepang.