Site icon Universitas Diponegoro

Produk Inovasi Mahasiswa KKN dalam “Pemalang Ekspo 2019”

Belum lama ini Rektor beserta Pimpinan Fakultas mengunjungi “Pemalang Ekspo 2019” yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN Tim II Tahun Akademik 2018/2019 yang digelar di Desa Penggarit, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang pada Rabu(14/8).

Dalam kunjungannya Rektor Undip Prof.Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. didampingi oleh Bupati Pemalang Dr. H. Junaedi, SH.,MM. Dalam sambutannya Bupati Pemalang Dr. Junaedi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Undip atas kerjasama yang sudah terjalin sampai dengan saat ini terutama program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Undip di kabupaten Pemalang. Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa, “Kegitan KKN sangat membantu Pemerintah setempat dalam program pemberdayaan masyarakat yang dapat memberikan manfaat, diantaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk jangka waktu panjang dan berkelanjutan, juga peningkatan sumber daya dan potensi lokal yang dapat memberikan kemanfaatan”.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Yos menyampaikan bahwa, “Kegiatan KKN adalah ladang bagi mahasiswa untuk mengabdikan ilmunya sekaligus juga media pembelajaran”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, “Selain mahasiswa mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan memberikan terobosan dan inovasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat, mahasiswa juga memperoleh pelajaran tentang leadership dan management dari perangkat atau pemerintah daerah. Sehingga mereka juga memperoleh ilmu sebagai bekal berkompetisi di dunia kerja”.

Adapun “Pemalang Ekspo 2019” memamerkan banyak produk unggulan dari beberapa desa, diantaranya desa Asemdoyong, Banjardawa, Penggarit, Kaligelang, Gondang, Sokawati, Jebed Selatan, Kedungbanjar, Taman, Cibelok, Banjaran, Cangak, Pasir dan beberapa desa lainnya. Produk unggulan yang diekspo diantaranya: spray antinyamuk, pupuk cair limbah udang, alat pirolisis, lampu emergency, olahan makanan berbahan dasar rumput laut dan lele, bricket dari bonggol jagung dan sedotan dari bambu yang mendukung program plastic less. (Utami-Humas)

Share this :
Exit mobile version