Rabu, 21/8, fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro menggelar acara kuliah umum berjudul INTRODUCTION TO  CETOLOGY SCIENCE ON WHALE – DOLPHIN – PORPOISE ASIAN FISHERIES MANAGEMENT bertempat di Auditorium  FPIK Undip. Hadir dalam acara tersebut Dekan FPIK Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D beserta jajaran, serta pembicara dari Faculty of Fisheries Science. Hokkaido  Prof. Takashi Matsuishi Fritz, PhD  dan  ahli oseanografi dan  ahli  pemetaan data satelit dari Undip Prof.  Dr.Ir. Agus Hartoko,M.Sc serta civitas akademika.

Dekan FPIK dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan umum acara tersebut adalah untuk  meraih  peringkat  dan menuju  Universitas dan Fakultas di Undip sebagai  Universitas dan Fakultas  bertaraf  Internasional.

Prof. Hartoko mengatakan bahwa program penelitian bersama ini  akan mengangkat  paradigma  tradisi menangkap  ikan paus  yang bermigrasi dari kutub  selatan menuju perairan hangat di  perairan laut NTT ini  menjadi  potensi  pariwisata bahari dan pariwisata  edukasi di selat Lamalera, Kep. Alor,  laut Sawu  dan sekitarnya.

“ Untuk  itu  kerjasama ahli ikan paus (Cetacean)  yi  Prof. Takashi Matsuishi Fritz, PhD  dan  ahli oseanografi dan  ahli  pemetaan data satelit akan bekerjasama membangun  data ilmiah  dengan sistem Basis Data Spasial Oseanografis Data Satelit serta data Biologi, Ekologi  ikan Paus.   Juga  merangkum   aspek lain yang terkait seperti  Hukum Adat setempat yang selama ini berlaku, aspek sosiologis, aspek sosial ekonomi.  Sehingga dapat terangkat  menjadi  potensi  Marine  Geopark  yang lestari dan berkelanjutan  untuk  daerah setempat  ketaraf nasional dan internasional.  Program ini  akan melibatkan 1 orang S3 dari P. Alor – NTT di Program S3 – MSDP Undip yi  Sdr. Jahved Ferianto Maro,M.Si” tutur Prof. Hartoko

Share this :