Kerjasama antara Fakultas Teknik UNDIP dan PT. Powerblock Indonesia tidak berhenti pada kegiatan penelitian saja tetapi juga dilakukan knowledge sharing dalam bentuk Kuliah Umum dan diskusi serta pameran produk industry dari PT. Powerblock Indonesia dengan tema PENGETAHUAN BAHAN DAN MATERIAL PRODUK PT. POWERBLOCK INDONESIA dengan topik “SOLUSI INOVATIF TEKNOLOGI INDUSTRI BAHAN BANGUNAN YANG EFISIEN, BERKUALITAS DAN RAMAH LINGKUNGAN DI TANAH AIR”. Kuliah umum ini diselenggarakan pada hari Rabu 25 September 2019 jam 8.00 – 16.00 bertempat di Aula A101 Departemen Teknik Sipil UNDIP dengan jumlah peserta 250-300 orang yang terdiri dari dosen, mahasiswa, Asosiasi profesi, kontraktor, konsultan dan masyarakat umum.

Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk menyampaikan kegiatan kerjasama penelitian dan memperkenalkan pengembangan produk panel beton AAC PT. Powerblock Indonesia kepada dosen, mahasiswa dan publik untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam melakukan pengembangan beton AAC melalui jalur penelitian ilmiah. Pasca riset, direncanakanakan dilakukan pembuatan mock-up di lingkungan UNDIP dari produk hasil kerjasama penelitian untuk di expose pada civitas akademika dan masyarakat luas.

Permasalahan yang sering muncul adalah sering terjadi gap antara industri sebagai user lulusan dan Perguruan Tinggi sebagai produser lulusan, Kondisi demikian sering dirasakan oleh idustri sebagai user lulusan perguruan tinggi, dimana industri mereka menerima lulusan yang kompetensinya tidak in-line dengan kebutuhan core business industri itu sendiri dan lulusan perguruan tinggi dianggap belum siap kerja. Hal ini dapat dimungkinkan karena perkembangan teknologi yang selalu berubah setiap saat yang dimanfaatkan industry untuk meningkatkan competitiveness nya, sementara kurikulum pendidikan di Perguruan Tinggi berubah secara periodik selama lima tahunan. Akibatnya pengembangan kurikulum pendidikan di Perguruan Tinggi tidak mampu mengejar perkembangan teknologi yang selalu berubah yang menyebabkan materi di Perguruan Tinggi sering pada posisi “left behind” terhadap industry.

Untuk memperkecil “gap” dan menjawab tantangan dunia industri akan sumberdaya manusia yang kompeten dan menguasai teknologi sesuai dengan kebutuhan industri, maka Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menggandeng industri untuk melakukan penelitian bersama dengan PT. Powerblock Indonesia dalam bentuk Kerjasama Penelitian. PT. Powerblock Indonesia merupakan industri produsen material konstruksi dengan bahan beton ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete) yang terkemuka. Material AAC yang diproduksi adalah material dinding, panel lantai dan panel dinding yang diharapkan mempunyai peran penting dalam dunia konstruksi di Indonesia khususnya untuk bangunan gedung, apartemen dan housing. Penyediaan hunian bagi masyarakat oleh pemerintah melalui program penyediaan sejuta rumah yang diprakarsai oleh Kemen PUPR memerlukan jawaban pengembang dalam penyediaan hunian yang layak dan murah.

Kerjasama penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan secara teknis dimana dari hasil penembangannya produk-produk yang dihasilkan mempunyai daya dukung yang baik dalam menerima beban gravitasi maupun beban gempa.

Dekan FT Undip Prof. Agung Wibowo  mengemukakan bahwa dari penelitian diharapkan dapat menghasilkan PATEN. Untuk mengambil manfaat sebesar-besarnya skema penelitian pada peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan, maka penelitian ini tidak hanya melibatkan para dosen tetapi juga melibatkan mahasiswa S1, S2 dan S3 yang berperan sebagai peneliti sesuai level masing-masing.

Prof. Agung Wibowo berharap “Semoga Kerjasama Penelitian ini dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Perguruan Tinggi, dunia industry serta masyarakat luas khusunya di bidang konstruksi” pungkasnya.

Share this :