Kabupaten Rembang terdiri atas 14 kecamatan, yang terbagi atas 287 desa dan 7 kelurahan serta memiliki luas wilayah meliputi 101.408 ha. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Rembang. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani garam yang membuat Rembang dijuluki sebagai kota Garam. Selain kerajinan batik, Rembang juga merupakan sentra buah dan memiliki sumber daya perikanan laut, hasil tambang dan juga garam utamanya.

Pada saat ini Rembang telah berkembang dengan didukung wisata alam, sejarah, religi, belanja dan juga kuliner yang mendukung perekonomian di Rembang. Untuk terus meningkatkan perekonomian di Rembang, Universitas Diponegoro membuka kampus baru yakni Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) di Rembang.

Sementara ini PSDKU di Rembang masih menempati eks gedung Inspektorat di jalan Kartini, sembari menunggu gedung permanen selesai dibangun. Rencananya Undip akan menambah program studi yakni jurusan Ilmu Hukum, Administrasi Publik, Informatika dan Kesehatan Masyarakat. Adapun program studi yang ada saat ini adalah jurusan Manajemen Perusahaan.

Dalam sambutannya di kantor Bupati Rembang dalam rangka meninjau pembangunan kampus PSDKU di Rembang pada Kamis (7/11), Rektor Universitas Diponegoro Prof Yos Johan Utama menyampaikan, “Undip sangat berterima kasih atas hibah yang diberikan Pemkab Rembang untuk dibangun kampus PSDKU di Rembang. Tujuan utama pembangunan kampus Undip di Rembang adalah untuk semakin meningkatan potensi daerah, sumber daya manusia, kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Rembang”. Lebih lanjut Beliau menyampaikan, “Undip adalah universitas kelas dunia yang masuk rangking 3 untuk kategori lulusan yang banyak diserap karena memiliki kompentensi versi QS World University Rangkings”. “Konsep gedung yang saat ini dibangun adalah milenial dan ramah difabel”, tutur Beliau.

Sementara Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz menuturkan,”Sangat membanggakan dengan dibukanya kampus Undip di Rembang, mengingat Undip adalah universitas berkualitas dan berkelas internasional”. “Diharapkan hibah Pemkab Rembang berupa lahan seluas 15 ha dan dana 10 M untuk pembangunan kampus Undip di Rembang yang rencananya awal tahun depan dapat segera rampung memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Rembang dan sekitarnya”, pungkas Beliau. (Utami-Humas)

Share this :