Inovasi SPEKTAKULER (Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis Piezoelektrik) pada pita dawai yang diciptakan oleh M. Farid Maulana, Almas Rizki Utiningtyas, Indah Setiani mahasiswa DIII Instrumentasi dan Elektronika, telah berhasil meraih emas dalam Lomba Energi Terbarukan OLIVIA 2019 pada 6-8 November 2019 di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Semarang.

Farid bersama kedua rekannya menciptakan inovasi ini sebagai alternatif dari adanya PLTB yang dalam pengaplikasiannya membutuhkan sebuah lahan yang luas, biaya yang besar, serta harus memiliki sumber angin yang sangat kuat.

“Untuk membangkitkan PLTB kita harus menyediakan lahan luas untuk kincir anginnya serta kekuatan angin yang dibutuhkanpun harus besar untuk mampu memutarkan kincir angin agar mendapat daya listrik yang tinggi.” Jelas Farid.

Inovasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis Piezoelektrik SPEKTAKULER menggunakan pita dawai, dengan membuat generator windbelt berbasis Piezoelektrik dengan konsep GGL Induksi.

“Dengan menggunakan konsep menempelkan beban pada pita. Beban yang ditempelkan pada pita akan berosilasi apabila pita di tiup oleh angin, sehingga beban yang berosilasi didekatkan dengan piezoelektrik yang dipasang di samping beban. dan Interaksi antara beban dengan piezoelektrik akan menghasilkan energi listrik.” Jelas Farid mengenai cara kerja dari SPEKTAKULER.

 Diharapkan dengan adanya alat ini bisa mendapat nilai optimasi fungsi dari generator windbelt sendiri dan bisa menjadi alat alternatif dalam menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan dikarenakan tidak menimbulkan polusi akibat proses perubahan energi. Tanpa harus memikirkan lahan besar dan kekuatan angin besar yang harus disediakan dan diharapkan dalam perancangan alat ini sebagai penelitian kedepan untuk penghasil listrik minimum, sebagai pengganti sistem pengecasan pada telepon genggam

 Kegiatan OLIVIA ini merupakan kegiatan rutin yang sudah diadakan empat tahun silam di Sekolah Vokasi Univeristasi Indonesia sebagai tuan rumah OLIVIA 2015. Lalu pada tahun keempat Sekolah Vokasi Undip diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah OLIVIA 2019.

Share this :