Semarang – Bertempat di Gedung Prof. Soedarto, SH kampus Undip, Kamis(14/11), Universitas Diponegoro melaksanakan upacara pengukuhan 3 (tiga) guru besar yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yakni, Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, MSc. dan Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., M. Si. dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis yakni Prof. Faisal, SE, M. Si, Ph.D, CMA, CRP, CERG.

Dalam pengukuhan Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti menyampaikan pidato pengukuhan mengenai “STRATEGI REPRODUKSI KARANG UNTUK PELESTARIAN EKOSISTEM TERUMBU”. Selain itu dalam pidatonya  Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti melihat banyaknya faktor – faktor yang menjadi penyebab kerusakan terumbu saat ini, menjadi hal yang mendesak untuk memulai upaya – upaya yang dapat mengurangi semakin buruknya kondisi terumbu Indonesia. Keberadaan ekosistem terumbu tidak dapat dipisahkan dari dinamika kondisi lingkungan. Salah satunya dengan melakukan budidaya karang. Dengan adanya pengembangan berbagai teknik budidaya karang, diharapkan aktivitas budidaya karang dapat lebih digiatkan. 

Pada pemaparan yang disampaikan mengenai “Membangun Legitimasi Institusi Melalui Akuntansi dan Pelaporan Keberlanjutan,” Prof. Faisal, SE, M. Si, Ph.D, CMA, CRP, CERG menyampaikan bahwa Akuntansi keberlanjutan merupakan bidang akuntansi yang berasal dari pengembangan akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen yang berfungsi menyediakan informasi baik keuangan maupun non-keuangan terkait kinerja dalam aspek ekonomi, lingkungan dan sosial organisasi kepada pemangku kepentingan. 

Sedangkan Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., M. Si. menyampaikan pidato pengukuhannya mengenai “TEKNOLOGI DIGITAL KALENDER ROB: STRATEGI MITIGASI BENCANA DI WILAYAH PESISIR”. Menurutnya pengembangan teknologi digital banjir pasang berupa kalender rob berbasis android dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang efektif bagi masyarakat di area terpapar, aktivitas perdagangan industri dan jasa serta pemerintah daerah untuk melakukan mitigasi. Manfaat produk teknologi digital kalender rob ini yang dirasakan langsung bagi masyarakat diantaranya adalah dapat diketahui kapan terjadinya rob, seberapa tinggi genangan air rob, berapa lama durasi rob berlangsung, serta bagaimana kondisi level air genangan rob terjadi. 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama menyampaikan bahwa Undip saat ini sedang banjir Guru Besar, terdapat 36 Guru Besar baru di Undip. “Guru Besar merupakan jabatan tertinggi di bidang akademis dan diharapkan agar hasil riset yang telah dihasilkan dapat bermanfaat dan mendorong terwujudnya SDM Indonesia yang unggul.” (Rosi/Renin/Dzuhria/Nandana)

Share this :