Baru saja Universitas Diponegoro menerima penghargaan untuk UI GreenMetric untuk pencapaian peringkat ke-4 tingkat nasional dan peringkat ke-50 dunia dari total jumlah peserta 780 universitas dari 85 negara di dunia. Jumlah peserta tahun 2019 mengalami peningkatan dari sebelumnya sebanyak 719 perguruan tinggi dari 81 negara di tahun 2018. Penghargaan diberikan dalam acara Penganugerahan UI GreenMetric World University Rangkings 2019 yang berlangsung di Balai Sidang Kampus UI Depok pada Selasa (3/12).

UI GreenMetric merupakan inisiasi dari UI sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan kampus. Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh 3 dasar filosofi yakni : Environment, Economic dan Equity (3’Es) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas keadaan dan infrastruktur kampus (15%), energi dan perubahan iklim (21%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%) dan pendidikan (18%).

Selain pengembangan infrastruktur berupa pembangunan gedung kuliah dan laboratorium, Universitas Diponegoro turut memperhatikan lingkungan dengan membangun kampus hijau yang ramah lingkungan. Sebagaimana yang disampaikan Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., “Beberapa upaya dilakukan guna terciptanya kampus hijau yang ramah lingkungan, diantaranya dengan membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu, melarang pembakaran sampah, membuat taman dan hutan kampus dan juga plasticless dan paperless adalah upaya management sustainable menuju smart campus”.

“Untuk itu, kampus mengajak semua unsur didalamnya untuk aware terhadap lingkungan guna meningkatkan kepedulian pada keberlanjutan lingkungan dan sumber daya”, pungkas Beliau.(Ut-Humas)