Baru saja Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan UM Tahun 2020 di SMA Negeri 5 Semarang pada Kamis (5/12). Acara berlangsung di hall lantai 2 SMA Negeri 5 Semarang dengan peserta dari orang tua siswa kelas 12.

Dari Universitas Diponegoro hadir sebagai Narasumber Prof. Budi Setiyono, S.Sos.,M.Pol.Admin.,Ph.D selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan dan Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA selaku Sekretaris LP2MP Undip.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono menyampaikan bahwa Universitas Diponegoro adalah universitas kelas dunia yang banyak diminati. “Begitu besar animo siswa yang ingin kuliah di Undip, mengingat bayak capaian yang telah diraih, diantaranya peringkat ke-6 nasional universitas terbaik, peringkat ke-3 kampus dengan kinerja penelitian terbaik, peringkat ke-2 untuk pengabdian masyarakat dan meraih peringkat ke-3 kampus yang berhasil mencetak lulusan yang berkompetensi dan prospek perolehan pekerjaan tinggi versi QS World University Rangkings”, tutur Prof. Budi Setiyono. Beliau menambahkan bahwa, “Undip memfasilitasi mahasiswa dengan Undip Career Center (UCC) untuk membantu mahasiswa menjadi job seeker ataupun job creator yang memiliki kompetensi”.

Dilanjutkan dengan pemaparan tentang sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan UM Tahun 2020 oleh Sekretaris LP2MP Undip Dr.Ir. Setia Budi Sasongko, DEA. Beberapa poin penting yang disampaikan yakni ketentuan umum dan persyaratan yang meliputi tahapan SNMPTN 2020. Diawali dengan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan mulai tanggal 2 Desember 2019 s.d. 7 Januari 2020 yang merupakan tanggal penting, dimohon untuk tidak register di hari terakhir. Dilanjutkan dengan pengisian data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari s.d. 6 Februari 2020.

Informasi selanjutnya bahwa siswa pendaftar dapat memilih paling banyak 2 program studi dalam satu PTN atau 2 PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN. Siswa pendaftar tidak dipungut apapun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman : ltmpt.ac.id.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 5 Semarang Dr. Siswanto,M.Pd. menyampaikan bahwa minat siswa SMA 5 untuk kuliah di Universitas Diponegoro sangat tinggi. Untuk itu, Beliau berpesan, “Bagi orang tua siswa yang memiliki kesempatan untuk mendaftar SNMPTN untuk mengarahkan putra putrinya dalam memilih program studi sesuai dengan minat, jurusan dan nilai akademiknya”. Beliau menambahkan, “Dan dimohon jika diterima jalur SNMPTN tidak mengundurkan diri dengan alasan diterima di sekolah tinggi lain”. Untuk itu sekolah akan membuat pakta integritas bagi siswa yang diterima jalur SNMPTN untuk tidak mengundurkan diri. (Ut-Humas)