Site icon Universitas Diponegoro

RAKERTA 2019 : Siap Berkompetisi dan Peningkatan Kompetensi

Baru saja Universitas Diponegoro menggelar Rapat Kerja Akhir Tahun 2019 yang bertempat di Gedung Training Center II atau yang  dikenal dengan gedung Bambang Triyono Basuki (BTB) tepatnya di Undip inn pada hari Kamis (12/12).Peserta Rakerta adalah para Wakil Rektor, Pimpinan Lembaga, Fakultas, Biro dan Unit di lingkungan Universitas Diponegoro.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof.Dr.Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. menyampaikan bahwa, “kita harus mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman seperti MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan universitas luar masuk ketanah air yang berdampak pada berkurangnya jumlah mahasiswa karena memilih universitas dari luar yang biayanya bias jadi lebih murah”. “Baik tenaga pengajar maupun tendik harus terus meningkatkan kulita sseiring dengan perkembangan. Bagi dosen mendapatkan fasilitas kuliah gratis di Undip dan bantuan biaya hidup bagi yang melanjutkan kuliah di luar negeri. Bagi tendik dipersilahkan pula untuk meneruskan kuliah dalam upaya capacity building”, lanjut Beliau. “Menyikapi arahan Presiden tentang penghapusan eselon III dan IV, Undip menyiapkan BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) untukmeningkatkan skill tendik dan pelatihan pendidikan yang direncanakan beberapa layer yang nantinya dijadikan indicator tendik untuk menempati layer tertentu seperti  supervisor atau manager dengan skill dan kompetensi yang sudah teruji”, tutur Beliau. 

Sementara dalam laporannya, Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Undip menyampaikan bahwa, “Sudah banyak upaya Undip dalam meningkatkan prestasi dan performa Undip hingga masuk pemeringkatan baik nasional maupun internasional”. “Sistem yang sudah tertata dengan aplikasi dan online yang mudah diakses dan didukung oleh pembangunan infrastruktur”, ungkap Beliau.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Majelis Wali Amanat oleh Wakil MWA Prof. Dr. Esmi Warassih Pudjirahayu, SH.,M.S., yang dilanjutkan paparan oleh Ketua Senat Akademik Undip Prof. Dr. Ir. Sunarso,M.S. Kemudian paparan capaian yang disampaikan oleh masing-masing Dekan Fakultas dan Ketua Lembaga.

Dari paparan didapatkan bahwa prestasi mahasiswa Undip baik nasional dan internasional meningkat pesat. Jumlah program studi berakreditasi A bertambah. Apresiasi untuk prestasi mahasiswa semakin berkualitas dan bervariasi mulai dari gathering, mengirim untuk kursus bahasa Inggris hingga penurunan UKT dengan persyaratan tertentu. 

Pelayanan dan inovasi terus dilaksanakan seperti penambahan jam operasional di perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, smart classroom di Fakultas Teknik dan SEU reborn di Fakultas Ilmu Budaya, dan juga pelayanan e-office.

Exit mobile version