Site icon Universitas Diponegoro

Pengolahan Limbah Sarang Tawon Klanceng Menjadi Produk Kesehatan

Babaktulung, Sarang, Rembang (3/2) – Mahasiswa KKN Undip Desa Babaktulung menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan praktik pembuatan sabun kesehatan dari limbah sarang tawon klanceng. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perangkat desa, kader PKK, perintis budidaya tawon klanceng beserta anggotanya yaitu KTH Tiguna Mandiri serta Karang Taruna Dusun Tulung.  Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Babaktulung pada Senin (3/2) mulai pukul 10.00-12.00 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana mengolah limbah sarang tawon menjadi produk tepat guna berupa sabun kesehatan. Selain itu, pemanfaatan limbah sarang tawon ini juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Sebelum diadakannya sosialisasi ini, mahasiswa KKN Undip melakukan berbagai percobaan serta metode dalam merancang komposisi sabun agar dapat digunakan. Setelah berbagai macam percobaan dilakukan, kemudian diadakannya sosialisasi dan praktik kepada masyarakat agar dapat membuat produk sabun sendiri. Kegiatan ini dimulai dari pemaparan materi tentang cara pengolahan sarang tawon klanceng dan manfaatnya bagi kesehatan. Berikutnya dilakukannya praktik pembuatan sabun oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip Desa Babaktulung.

“Acara hari ini sangat bagus bagi masyarakat Desa Babaktulung, saya sendiri ingin melanjutkan dan mengembangkan sabun ini supaya menjadi sumber penghasilan.” ujar ibad selaku perintis budidaya tawon klanceng.

Produk sabun kesehatan dari limbah sarang tawon klanceng

Sarang tawon klanceng ini mengandung propolis yang bermafaat bagi kesehatan salah satunya anti inflamasi dan anti peradangan pada kulit. Oleh karena itu, propolis yang ada pada limbah sarang tawon dimanfaatkan menjadi produk kesehatan berupa sabun yang memiliki nilai jual dan mudah dibuat oleh masyarakat.

Share this :
Exit mobile version