Semarang-Hari ini, Kamis (2/4) Tim Siaga Bencana Undip atau yang lebih dikenal dengan Diponegoro-Disaster Assistance Response Team (D-DART) yang diketuai oleh dr. Achmad Zulfa Juniarto, M.Si.Med., MMR., Sp.And.(K)., Ph.D. kembali melaksanakan bhakti peduli dengan membagikan peralatan untuk kesediaan fasilitas dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Adapun bantuan yang diberikan berupa headbox, hazmat coverall dan face shield di RSUD Wongsonegoro Ketileng, RSUD Tlogorejo, RSU Roemani dan RS Dr. Kariyadi. Serta membagikan pula face shield, hand sanitizer dan masker ke beberapa Puskesmas, diantaranya Puskesmas Rowosari, Puskesmas Padangsari, Puskesmas Srondol, Puskesmas Pudakpayung, Puskesmas Tembalang, Puskesmas Ngesrep dan Puskesmas Leyangan.

Sebelumnya Tim D-DART UNDIP juga telah menyerahkan bantuan berupa APD (masker nano-filter dan face shield), hand sanitizer, vitamin, serta produk gizi kepada tim tenaga kesehatan RSUP Dr. Kariadi Semarang yang diterimakan oleh drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp.KG., MARS. selaku Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum RS. Kegiatan ini bertujuan untuk berkontribusi dalam mendukung tim tenaga kesehatan khususnya di RS rujukan utama kasus Covid-19 wilayah Jawa Tengah yang berjuang di garda terdepan untuk penanganan pasien dengan penyakit ini.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. pada tanggal 16 Maret 2020 telah menetapkan Diponegoro Disaster Asistance Response Team (D-DART) pada Pusat Penanggulangan Bencana di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menjadi satgas mitigasi dan pencegahan penyebaran wabah Covid -19.(Ut-Humas)