Saat ini di seluruh penjuru dunia sedang dilanda pandemik COVID-19. Penyebaran virus corona yang sangat cepat dan menginfeksi banyak orang telah mengubah pola hidup manusia. Aspek ekonomi, sosial dan bahkan sampai pada aspek pendidikan tidak luput dari pandemik ini.

Pola kehidupan dikampus Universitas Diponegoro pun turut menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Tatap muka dalam rutinitas sebisa mungkin harus dihindari dengan penerapan prinsip Physical distancing. Work from home, kuliah online, ujian online dan bahkan sampai wisuda online pun harus terlaksana, upaya- upaya yang dilakukan tersebut agar proses pembelajaran tetap berlangsung.

Khususnya di Fakultas Kedokteran UNDIP acara yang sakral bagi Dokter Baru Pengambilan Sumpah Dokter Baru ke-230 periode II Tahun 2020 pun dilakukan secara online dengan jumlah wisudawan sebanyak 170 orang dan wisudawan cumlaude sebanyak 76 orang harus tetap terlaksana sesuai dengan kalender akademik Universitas Diponegoro. Dekan FK Undip, Prof.Dr. dr. Dwi Pudjonarko,M.Kes.,Sp.S(K) berpesan, “Semoga pandemik ini yang pertama dan yang terakhir kita hadapi. Bagi para dokter baru semoga dengan ilmu yang telah didapat menjadikan pribadi yang mendharma baktikan ilmunya bagi ibu pertiwi”, pungkas beliau.