Universitas Diponegoro terus bergerak melawan wabah Covid-19. Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) adalah satu dari RS Pendidikan PTN yang dirujuk untuk menangani pasien Covid-19. Pada hari Rabu (22/4/2020) diluncurkan layanan PCR (Polymerse Chain Reaction) untuk melakukan pemeriksaan coronavirus atau covid 19. Layanan berupa Drive thru swab test Covid-19 dan laboratorium PCR Covid- 19. Berharap dengan adanya alat ini membantu penanganan pasien Covid-19 dengan cepat.

Sambutan Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengucapkan terimakasih atas bantuan lab PCR test tersebut kepada Pemerintah Provinsi Jateng.

“ Usaha Undip dan pemerintah telah semaksimal mungkin, harapannya pandemi ini segera berlalu’ tutur Rektor.

Gubernur Jwa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan terimakasih kepada Undip atas kerjasamanya selama ini khususnya dalam penanganan wabah virus corona. “ Harapanya dapat meng back up fasilitas- fasilitas kesehatan di Jawa Tengah, karena lab dan SDM ahli terbatas di Jateng. Sehingga kita bisa saling gotong royong mencegah pandemi ini karena PCr ini cara yg mempercepat proses swab” ungkap Ganjar.

Direktur RSND Dr. dr. Sutopo, M.M., M. Kes  mengatakan bahwa setiap hasil lab akan dilaporkan langsung ke Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. Harapannya dengan adanya keberadaan lab ini dapat mencegah penularan dan memutus mata rantai virus covid19 dengan percepatan.