Pada April 2020, Institute of Physics (IOP) mengumumkan sejumlah nama para ilmuan dunia yang mendapatkan penghargaan sebagai reviewer tahun 2019 di berbagai jurnal internasional yang diterbitkan oleh IOP. Pada jurnal Biomedical Physics and Engineering Express (BPEX) terdapat satu orang ilmuan mendapatkan penghargaan sebagai Reviewer of the Year yaitu Dr Qingzhi Wu dari Wuhan University of Technology, China, dan 17 ilmuan mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Reviewers.

Satu diantara 17 ilmuwan tersebut adalah Dr. Choirul Anam, dari Universitas Diponegoro. 16 ilmuwan lainnya berasal dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Taiwan, Inggris, Jerman, Meksiko, India, Italia, Finlandia, dan Uni Emirat Arab. Daftar lengkap penerima reviewer awards dapat dilihat pada website IOP: https://publishingsupport.iopscience.iop.org/questions/biomedical-physics-engineering-express-2019-reviewer-awards/

BPEX merupakan jurnal internasional bereputasi yang menerbitkan hasil penelitian dalam bidang fisika medis dan teknik biomedis. Pada tahun 2019, BPEX masuk sebagai jurnal dengan kualifikasi Q2 dengan impact factor 1.10. Paper yang diterbitkan pada BPEX di-review dengan ketat oleh para expert pada bidangnya masing-masing. Kualitas hasil review kemudian dinilai oleh tim ahli dari IOP untuk mendapatkan reviewer awards.

Ini merupakan penghargaan kedua bagi Dr. Anam. Pada tahun sebelumnya, dia juga mendapatkan penghargaan sebagai Oustanding Reviewers, namun dari jurnal yang berbeda, yaitu Physics in Medicine and Biology (PMB).

Universitas Diponegoro merasa bangga dan terus mendukung para staf dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi di kancah internasional. Semoga ke depan, lebih banyak lagi, para staf dosen dan mahasiswa yang berprestasi pada level internasional.