Semarang (UNDIP).  Sejak Covid-19 diumumkan sebagai bencana nasional, Tim Khusus Penanggulangan Bencana Universitas Diponegoro, D-DART (Diponegoro Disaster Assistance Rescue Team)  langsung bergerak tanggap dan tepat. Pada awal pandemi, tim D-DART memproduksi APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dan hand sanitizer. D-DART juga menggalang donasi dari masyarakat untuk disalurkan kembali, hingga 30 April 2020 dana yang terkumpul mencapai Rp. 346.639.323. Bantuan dana dari masyarakat tersebut dipergunakan untuk memproduksi berbagai APD yang sangat dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan (nakes) rumah sakit dan puskesmas seperti face shield, masker nano filter, Head Box Intubation, Hand Sanitizer, hazmat, bilik swab, desinfektan hingga bahan makanan dan suplemen kesehatan.

Bahan makanan dan suplemen vitamin yang telah disalurkan sebesar Rp. 4,5 juta dan sampai saat ini D-DART masih menerima donasi dari masyarakat. Bagi yang ingin ikut ambil bagian dalam penyediaan alat-alat pencegahan penularan Covid-19 dapat menyalurkan bantuan ke rekening Bank BTN dengan nomor 00175-01-50-00488-3 dan donatur dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor 0812-3450-0034.

“Sampai saat ini kami masih menerima bantuan dari masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan keselamatan para NAKES. Kami berterima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan donasinya. Nah, bagi yang membutuhkan APD silakan hubungi call center kami,” tutur Ketua Umum D-DART, Dr. Achmad Zulfa Juniarto, M.Si.Med.,SP.AND(K), Ph.D

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, dapat menghubungi langsung tim D-DART melalui call-center atau whatsapp 0812-3450-0034 atau email ddart@live.undip.ac.id. Tim D-DART akan berusaha semaksimal mungkin menyalurkan bantuan bagi yang membutuhkan. (Galih)