Upaya Pemerintah untuk bangkit dari pandemi mendorong kesadaran masyarakat pentingnya melakukan tes Covid. Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid berupaya memberikan pelayanan yang cepat dan mudah bagi masyarakat yang ingin melakukan Screening Covid 19. Untuk itu, RSND Undip telah melengkapi fasilitas untuk pemeriksaan dan penanganan Covid 19.

Sebelumnya RSND Undip ditunjuk menjadi 1 dari 8 laboratorium tes uji Covid 19 sebagai tempat uji tes kit berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berfungsi untuk mendiagnosa Covid 19 yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri PT Biofarma.

Saati ini RSND Undip telah meluncurkan paket Screening Mandiri Covid 19 dengan biaya terjangkau yang meliputi pendaftaran pasien via online H-1, konsultasi dengan dokter spesialis, cek laboratorium (hematologi lengkap dan PCR),RapidTes antibodi SARS CoV2 dan tes swab PCR.

Direktur Utama RSND Undip Dr.dr. Sutopo Patria Jati,MM.,M.Kes. menyampaikan bahwa peluncuran paket Screening Mandiri Covid 19 ini adalah upaya rumah sakit untuk memberikan pelayanan dengan akses yang cepat dan mudah dengan biaya terjangkau. Biaya yang terjangkau dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan screening membuat RSND kebanjiran pendaftar yang ingin melakukan screening Covid. “Untuk itu, Kami membatasi jumlah pasien yang mendaftar Screening Covid 19 untuk memberikan pelayanan yang optimal,” pungkasnya.

Adapun alur Screening Mandiri Covid 19 dapat diakses di laman rsnd.undip.ac.id dan IG: rsndundip_smg. Dapat pula diakses pada laman undip.ac.id atau IG: @undip.official.