Pada bulan Februari 2020, Tim Dosen Universitas Diponegoro yang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan melakukan Pengabdian Masyarakat di Sekolah Bukit Aksara, Tembalang, Semarang. Para dosen ini adalah Dr. Dwi Haryanti dan Dr. Mada Triandala Sibero dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Mada Sophianingrum, ST, MT, MSc dari Fakultas Teknik, Anggun Puspitarini Siswanto, PhD dari Sekolah Vokasi dan Andi Akhmad Basith Dir dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat, dimana para dosen tidak hanya bertugas untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar di kelas dan juga penelitian, namun juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Kegiatan From Coast to Class dilakukan dengan memberikan pengenalan tentang Terumbu Karang kepada para siswa-siswi kelas 3A di Sekolah Bukit Aksara, Tembalang, Semarang. Para peneliti muda ini nampak antusias dengan penjelasan yang diberikan oleh Kak Dudu, sapaan hangat kepada Dr Dwi Haryanti, mengenai proses pertumbuhan, jenis-jenis dan kehidupan Terumbu Karang di lautan. Di akhir sesi, kegiatan interaktif berupa pembuatan mini model mengenai terumbu karang dilakukan oleh para peserta.

“Dengan mendapatkan pengetahuan mendasar tentang kehidupan terumbu karang di laut sejak dini, para siswa-siswi ini juga akan tergugah untuk menjaga kelestarian dan kebersihan laut. Melalui kegiatan ini, mereka dapat mengetahui bahwa terumbu karang juga makhluk hidup yang dapat terganggu pertumbuhannya jika laut kotor. Sehingga, secara tidak langsung, akan tumbuh kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, kami juga memperkenalkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan tingkat kekayaan laut terbesar di dunia. Jadi, kebanggaan mereka terhadap negara ini juga sudah tumbuh sejak usia dini” ujar Kak Dudu dan Kak Mada sebagai Project Mentors. (AS)