Semarang-Universitas Diponegoro banjir Guru Besar. Empat orang Calon Guru Besar menyampaikan paparannya pada Presentasi Calon Guru Besar pada Kamis,4 Juni 2020 yang digelar secara daring. Keempat Calon Guru Besar tersebut adalah Dian Ratna Sawitri, S.Psi.,M.Si.,Ph.D. dari Fakultas Psikologi yang saat ini menjabat Dekan Fakultas Psikologi. Kemudian Dr. Ir. Suharyanto, M.Sc. dari Fakultas Teknik dan 2 calon Gubes dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si.,Ph.D. dan Dr. Kusworo Adi, S.Si.,MT. Ketua Senat Akademik Undip Prof. Dr. Ir. Sunarso, MS menyampaikan Undip akan kembali dibanjiri Guru Besar. “Dari awal tahun 2020 ini sudah ada 15 orang Calon Guru Besar yang merupakan capaian tinggi bidang akademik,” tutur Prof. Narso sapaan akrab Beliau.

“Banyaknya Calon Guru Besar ini merupakan keberhasilan program percepatan Guru Besar yang memberikan kontribusi masuknya Undip dalam 500 Universitas terbaik di dunia,” jelas Beliau. “Kedepan, kontribusi dari para Guru Besar memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia, “pungkasnya.

Presentasi diawali oleh Calon Guru Besar Dian Ratna Sawitri,S.Psi.,M.Si.,Ph. D. mengusung naskah ilmiah berjudul “ Keselarasan Karier Remaja-Orang Tua: Fondasi Masa Depan GenerasiBangsa”. Dian mengungkapkan bahwa pada tahun 2030-2040 Negara Indonesia akan mengalami bonus demografi, yaitu penambahan jumlah usia produktif yang besar.

Dian menambahkan bahwa keselarasan karier remaja-orang tua didefinisikan sebagai keselarasan remaja dengan orang tuanya dalam hal karier, yang ditandai dengan dukungan orang tua yang dirasakan remaja terhadap eksplorasi dan perencanaan karier.

Dilanjutkan oleh Suharyanto, M.Sc. dari Fakultas Teknik yang berjudul “ Menjaga Kelestarian dan Keberlanjutan Sumber Daya Air”. Suharyanto menjelaskan bahwa pengelolaan sumber daya air harus dilakukan dengan terintegrasi antara konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air secara seimbang dan berkelanjutan. Disusul kemudian oleh 2 calon Gubes dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Drs. Sapto Purnomo Putro, M.Si.,Ph.D. dan Dr. Kusworo Adi, S.Si.,MT secara bergantian memaparkan naskah ilmiahnya.

Share this :