SEMARANG – Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro promosikan empat pengajarnya sekaligus menjadi guru besar. Keempatnya adalah Dr Dra Meiny Suzery, MS, Dr Muhammad Cholid Djunaidi, SSi, MSi, Dr Agus Subagio, SSi, MSi, dan Dr Suryono, SSi, MSi. Mereka secara berurutan melakukan presentasi secara online dalam Rapat Pleno Dewan Profesor Senat Akademik (SA), Kamis (11/6/2020).

Ketua Senat Akademik Undip, Prof Dr Ir Sunarso, MS, dalam sambutannya mengatakan meski pandemik Covid-19 masih terjadi, proses promosi guru besar di Undip terus dilakukan. “Ini merupakan yang kesekian kalinya kita mengikuti presentasi guru besar. Sampai dengan (akhir) Juni ada 15 calon gubes yang akan mempresentasikan naskah ilmiahnya,” ujar Ketua SA Undip, Prof Sunarso.

Menurut Prof Narso sapaan akrab Beliau, sebelumnya pada Senin (8/6/2020) juga ada presentasi empat calon gubes. Dua diantaranya dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Dr Dra Endah Dwi Hastuti MSi dari Departemen Biologi FSM dan Dr Dra Dwi Hudiyanti MSc dari Departemen Kimia Biofisik FSM. Awal Juni, tepatnya 4 Juni 2020, telah digelar paparan ilmiah empat calon guru besar,dua diantaranya dari Fakultas Sains dan Matematika yakni Drs. Sapto, M.Si.,Ph.D dan Dr. Kusworo Adi, S. Si., MT. Sampai dengan saat ini Fakultas Sains dan Matematika mendominasi jumlah yang dipromosikan Guru Besar. “Semoga para calon guru besar ini lancar meraih gelar dan karya ilmiahnya memberikan kemanfaatan bagi umat,” tutur Prof Narso.
Upaya mencetak guru besar sejalan dengan visi Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MH yakni Undip masuk dalam daftar 500 universitas terkemuka di dunia. Sampai akhir tahun ini, diperkirakan Undip akan memiliki 200 guru besar yang berasal dari 11 Fakultas, satu Sekolah Vokasi dan satu Sekolah Pasca Sarjana.