SEMARANG – Menjawab tantangan zaman di tengah cepatnya perubahan Universitas Diponegoro (Undip) menyiapkan beberapa program studi (Prodi) yang berbasis pada kebutuhan pasar dan zaman. Dalam lima tahun terakhir ini, tercatat ada 27 Prodi baru yang dibuka Undip untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan pasar.

Wakil Rektor 1 Undip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Budi Setiyono S.Sos, M.Pol.Admin, PhD, mengatakan sejak tahun 2016 sampai 2020 ada 27 Prodi yang dibuka. Budi menyebutkan, proses pembukaan Prodi baru tersebut sudah melalui proses seleksi yang ketat dan disertai pertimbangan yang matang. “Setiap Prodi baru dipastikan memenuhi standar kelayakan akademik selain pertimbangan berbasis market demand dan kebutuhan zaman,” katanya, Rabu (24/6/2020).

Menurut Budi Setiyono, ke-27 Prodi baru itu meliputi berbagai jenjang, bukan hanya strata satu atau sarjana, tapi juga Program Magister, Program Doktor dan Program Diploma. “Kalau dirata-rata setiap tahunnya dalam lima tahun terakir ini Undip membuka lima Prodi baru,” ungkapnya.

Dari data terbaru, yakni di tahun 2020, ada tiga Prodi yang dibuka yaitu Pendidikan Profesi Dokter Gigi dari Fakultas Kedokteran, Prodi Strata Dua atau Magister Administrasi Bisnis dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Prodi Strata Tiga atau Doktor Sistem Informasi dari Sekolah Pasca Sarjana Undip. Pendidikan Profesi Dokter Gigi dibuka karena sejak tahun 2016 sudah dibuka Prodi Kedokteran Gigi yang tahun ini beberapa mahasiswanya perlu menempuh pendidikan profesi sebagaimana yang disyaratkan pemerintah.

Sebelumnya, di tahun 2019 ada 5 Prodi baru yang dibuka semuanya dari Sekolah Vokasi Undip, yakni Diploma 4 Manajemen dan Administrasi Logistik, D4 Akuntansi Perpajakan, D4 Informasi dan Humas, D4 Bahasa Asing serta D4 Teknik Listrik Industri. Prodi diploma empat ini menghasilkan lulusan bergelar Sarjana Terapan atau STr.

Perlu diketahui, Sekolah Vokasi Undip saat ini terdiri dari empat departemen, yaitu Departemen Teknologi Industri yang mengampu Diploma 4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Teknologi Rekayasa Otomasi, Rekayasa Perancangan Mekanik, Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dan Teknik Listrik Industri; serta Diploma 3 Teknologi Kimia, Teknologi Elektronika, Teknologi Mesin, Teknologi Perancangan dan Konstruksi Kapal serta Teknologi Instrumentasi.

Kemudian Departemen Sipil dan Perencanaan memiliki program diploma 4 untuk Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur; serta diploma 3 untuk Teknologi Sipil, Perencanaan Tata Ruang Wilayah dan Kota, Perencanaan Wilayah dan Kota (Kelas di Pekalongan), Gambar Arsitektur dan Administrasi Pertanahan.

Selanjutnya ada Departemen Bisnis dan Keuangan untuk diploma 4 memiliki program Akuntansi Perpajakan serta Manajemen dan Administrasi Logistik; sedangkan diploma 3 memiliki program Manajemen, Manajemen (Kelas di Rembang), Administrasi Pajak, Administrasi Pajak (Kelas di Batang), Akuntansi, Akuntansi (Kelas di Pekalongan), Usaha Budidaya Ternak, Manajemen Pemasaran, Keuangan Publik, Hubungan Masyarakat, Hubungan Masyarakat (Kelas di Batang) serta Administrasi Perkantoran.

Yang keempat adalah Departemen Informasi dan Budaya yang memiliki program diploma 4 untuk Bahasa Asing dan Terapan serta program Informasi dan Humas. Untuk diploma 3 ada program Perpustakaan dan Informasi, Kearsipan, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Pada tahun 2018 Undip membuka 11 Prodi baru yang sebagian merupakan PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama), yakni PSDKU Pekalongan untuk  D3 Perencanaan Tata Ruang Wilayah dan Kota dan  D3 Akuntansi; PSDKU Batang untuk D3 Hubungan Masyarakat dan D3 Administrasi Pajak; PSDKU Rembang untuk D3 Manajemen; Strata dua (magister) Teknik Lingkungan dari Fakultas Teknik; S2 Psikologi dari Fakultas Psikologi, Sarjana (S1) Bioteknologi Fakultas Sains dan Matematika, serta dua program diploma 4 dari sekolah vokasi masing-masing D4 Teknik Infrastuktur Sipil dan Perancangan Arsitektur serta Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan.

Sekolah Vokasi Undip juga membuka dua program diploma 4 pada tahun 2017 untuk D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri, D4 Teknologi Rekayasa Otomasi dan D4 Rekayasa Perancangan Mekanik.

Adapun lima Prodi baru yang dibuka tahun 2016 dua dari Fakultas Kedokteran yaitu S1 Farmasi dan S1 Kedokteran Gigi; kemudian S3 Ilmu Kelautan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan; S3 Sejarah dari Fakultas Ilmu Budaya serta S3 Ilmu Sosial dari FISIP. (***)