Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro secara konsisten berkomitmen untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial. Di tahun 2020 ini bersamaan dengan rangkaian kegiatan Lustrum yang ke XI, Departemen Teknik Kimia berinisiatif untuk menyalurkan bantuan bagi mahasiswa dan masyarakat Tembalang yang terdampak pandemi COVID-19 melalui kegiatan TEKNIK KIMIA PEDULI. Bantuan berupa sembako dan biaya hidup, dananya berasal dari Alumni Teknik Kimia yang dikumpulkan sejak pertengahan Mei 2020.

Terdapat 44 mahasiswa yang tetap tinggal di kos akibat pandemi COVID-19, tenaga kebersihan Departemen Teknik Kimia 16 orang dan 100 orang warga Kelurahan Tembalang yang memerlukan bantuan seperti janda, kuli bangunan, pekerja serabutan dan penjual keliling yang terdampak pandemi COVID-19. Mereka memperoleh bantuan sembako. Sedangkan mahasiswa penerima bantuan biaya hidup terdiri dari mahasiswa dengan UKT golongan 1 sebanyak 13 orang, UKT golongan 2 sebanyak 30 orang, mahasiswa bidik misi yang masa studinya telah habis 15 orang. Bantuan biaya hidup juga diberikan kepada mahasiswa dengan UKT di atas golongan 2 dan mahasiswa bidikmisi aktif yang sangat membutuhkan bantuan sebanyak 7 orang.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh perwakilan alumni Teknik Kimia kepada perwakilan mahasiswa penerima bantuan. Sementara bantuan kepada 100 warga sekitar Undip Tembalang yang terdampak secara simbolis diserahkan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D kepada Karang Taruna Kelurahan Tembalang.

“Melalui kegiatan ini, kita mencoba sadar terhadap lingkungan di mana dampak pandemi Covid-19 ini sangat berat buat masyarakat. Kita perlu berbagi dengan masyarakat. Oleh karena itu salah satu programnya adalah memberikan bantuan kepada mahasiswa yang tidak bisa pulang dan masyarakat yang tinggal di sekitar kampus karena kita adalah bagian dari masyarakat. Kita bisa tumbuh di sini, kita belajar di sini, bisa melakukan penelitian di sini karena masyarakat sekitar juga mendukung kita,” jelas Prof. Agung Wibowo.

Acara penyerahan bantuan yang berlangsung Kamis pagi (25/6/2020) di Departemen Teknik Kimia ini dihadiri pula oleh Dr. Ing. Suherman, S.T., M.T. Ketua Departemen Teknik Kimia, Ketua Lustrum XI Teknik Kimia Prof. Dr. Istadi, ST., MT, PIC Kegiatan Ir. Agus Hadiyarto, MT dan Dr. Ir. Nur Rokhati, Perwakilan Alumni, Kadarisman, Ketua Karang Taruna Kelurahan Tembalang bersama anggota, Perwakilan masyarakat, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) serta perwakilan mahasiswa penerima bantuan.