Minggu (5/07/20), hari pertama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang digelar di Universitas Diponegoro berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat.
Peserta UTBK yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Tengah ini, mengikuti protokol kesehatan dengan tertib. Mereka mengenakan masker dan mengantri untuk mencuci tangan dengan sabar serta menjaga jarak setiba di lokasi tes. Begitu pula saat memasuki gedung, peserta berbaris dengan tertib menunggu giliran pengecekan suhu tubuh oleh petugas.

Demikian pula para pengantar, dengan tertib mengikuti arahan petugas seperti menurunkan peserta di titik yang telah ditentukan dan segera meninggalkan area. Pengantar juga mematuhi arahan petugas untuk tidak memarkir kendaraan di area kampus Undip.

Protokol kesehatan yang diterapkan Universitas Diponegoro secara ketat ini, demi menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh komponen yang terlibat UTBK seperti panitia, peserta dan pengantar.

“Dalam pelaksanaan UTBK ini, Undip sudah mendapatkan ijin dari Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Semarang pada 24 Juni 2020 lalu. Untuk itu Undip menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik bagi para peserta, pengantar dan juga panitia yang bertugas selama pelaksanaan ujian. Semua peraturan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas kita patuhi, demikian pula peraturan dari LTMPT (pusat)”, jelas Prof. Yos.

Lebih lanjut Prof Yos menjelaskan protokol kesehatan yang wajib diterapkan antara lain kewajiban memakai masker, selalu menjaga jarak, peserta mencuci tangan sebelum memasuki ruang ujian, pengukuran suhu badan suhu, serta sebelum pelaksanaan ujian dilakukan penyemprotan disinfektan.

Pada pelaksanaan UTBK tahun ini Undip menyediakan komputer sebanyak 995 unit. Adapun lokasi ujian dilaksanakan di Kampus Pleburan dan Kampus Tembalang yang tersebar di seluruh fakultas dan gedung ICT. UTBK dilaksanakan dalam 2 tahap di mana tahap I berlangsung dari tanggal 5 Juli hingga 14 Juli 2020 dan tahap II berlangsung pada tanggal 20 Juli sampai 29 Juli 2020. Tes dilakukan dua sesi setiap hari. Sesi pagi dimulai pada pukul 09.00 WIB dan sesi siang dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Adapun peserta UTBK tahun 2020 ini sebanyak 23.092 peserta yang terdiri dari peserta reguler dan KIP-K dengan presentase masing-masing sebanyak 81.74% dan 18.28%. Peserta berasal dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah, serta beberapa kota di luar Jawa Tengah.