Site icon Universitas Diponegoro

Undip-ADB International Webinar 2020 “Future Education, Sustainable Cities and SDGs” 

Kantor Pemeringkatan Universitas Diponegoro bekerjasama dengan Asian Development Bank menyelenggarakan Undip-ADB International Webinar Series 2020. Masih dalam rangkaian Webinar Sustainable Development Goals (SDGs), tema yang diangkat dalam Webinar Internasional ini adalah “Future Education, Sustainable Cities and SDGs”. Pembicara yang hadir dalam acara ini adalah para pakar dalam bidangnya yang berasal dari berbagai negara.

Acara akan dibuka dengan sambutan dari Prof. Budi Setiyono,S.Sos., M.Pol.Admin., PhD selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Diponegoro. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa Universitas Diponegoro berkomitmen untuk mendukung semua kegiatan yang menukung updaya pencapaian tujuan SDGs. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pengantar dari Dr. Bambang Susantono yang menjabat sebagai Vice President of Asian Development Bank. Beliau menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh dunia saat ini terkait dengan sistem pembelajaran dan manajemen perkotaan yang akan dibahas dalam webinar ini yaitu: Bagaimana teknologi memastikan pembelajaran untuk semua dan dapat menjembatani kebutuhan dan ketersediaan skill yang berbeda?; Bagaimana pendidikan mendukung SDGs untuk membantu negara menjadi makmur dan bahagia?;  Bagaimana kota dapat merespon dengan lebih baik terhadap masa depan pendidikan dan apa dampaknya terhadap perencanaan dan manajemen perkotaan?.

Terdapat empat pakar yang diundang menjadi pembicara dalam Webinar Internasional ini. Pembicara pertama adalah Dr. Brajesh Panth, Chief of Education Sector of ADB; dengan tema “The Future of Education in Asia and the Pacific”. Pembicara kedua adalah Dr. Wiwandari Handayani, Center of Urban and Regional Resilience Research (CURE) of Universitas Diponegoro; mengangkat tema “Critical Aspects for Achieving Goal 4 and 11 of SDGs in Indonesia”. Kemudian dilanjutkan dengan tema “Education for Gross National Happiness in Bhutan” yang disampaikan oleh Dr. Kanokpan Lao-Araya, Country Director for Bhutan, ADB. Tema diskusi selanjutnya adalah “Towards Sustainable Cities: Bringing Planning and Education Closer” yang dibahas oleh Dr. Ashok Das dari University of Hawaii, USA. Moderator memandu jalannya acara ini adalah Prof. Imam Buchori dari Universitas Diponegoro.

Diskusi pada webinar ini sangat interaktif dan banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang mengikuti lewat zoom maupun Youtube live. Jumlah peserta yang mengikuti Webinar ini sekitar 4500 orang yang berasal dari 23 negara seperti Australia, Belgium, Brunei Darussalam, Canada, Gambia, India, Indonesia, Ireland, Japan, Saudi Arabia, Sri Lanka, South Korea, Malaysia, Netherlands, Philippines, Poland, Sudan, Tanzania, Taiwan, Thailand, Timor-Leste, United States, United Kingdom.

Link Youtube

Exit mobile version