Dalam rangka merayakan Lustrum V, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro mengadakan Workshop Paralel dan Seminar Nasional. Dalam Workshop Paralel yang akan diadakan pada Jumat, 28 Agustus 2020 pukul 08.00 – 11.45 WIB ini menghadirkan lima narasumber pakar psikologi. Narasumber pertama adalah Prof. Dr. Sawitri Supardi Sadarjoen, Psi. Klin, Guru Besar Psikologi Klinis Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran; yang akan membahas tentang “Keterampilan Konselor Pernikahan”. Narasumber kedua yaitu Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.SC., Ph.D, Profesor bidang Kesehatan Lintas Budaya dan Psikologi Klinis, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada; yang akan berbicara mengenai “Membangun Keluarga di Era 5.0 dengan Psikologi Transpersonal”. Kemudian narasumber ketiga adalah Dr. H. Ahmad Gimmy Prathama, M.Si., Psikolog, Kepala Program Studi S2 Profesi Psikologi Universitas Padjadjaran; yang membahas tentang “CBT Positif dan Penerapannya untuk Klien Individual dan Keluarga”. Tema diskusi selanjutnya yaitu “Aplikasi R untuk Penelitian Psikologi”, yang akan dibahas oleh Sukaesi Marianti, S.Psi., M.Si., Ph.D, Ahli Psikometri, Dosen Psikologi Universitas Brawijaya. Dilanjutkan oleh narasumber selanjutnya yaitu Yohanis F La Kahija, S.Psi., M.Sc, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Penulis Buku “Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup”, yang akan berbicara tentang “Metodologi Penelitian Kualitatif Menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis”. Acara workshop akan ditayangkan melalui Microsoft Teams.

Pada hari selanjutnya yaitu Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 08.00 – 12.00 WIB akan diselenggarakan Seminar Nasional yang akan ditayangkan via Microsoft Teams. Tema dari seminar tersebut adalah “Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Keynote speaker dalam seminar ini yaitu Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., MA., Ph.D., yang akan berbicara tentang “Peran Perempuan dan Keluarga dalam Society 5.0”. Dilanjutkan dengan pembicara pertama, Prof. Dr. Euis Sunarti, M.Si., yang akan membahas tentang “Revitalisasi Peran Psikologi di Lingkup Keluarga & Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Pembicara kedua, Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph.D akan berbicara mengenai “Revitalisasi Peran Psikologi dari Sudut Pandang Kesehatan Mental: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”.

Presentasi Call for Paper bagi para peneliti akan diadakan pada Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 13.00 – 16.00 WIB via Microsoft Teams, dengan tema “Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Batas pengumpulan abstrak pada 24 Juli 2020, dan pengumuman abstrak diterima pada 31 Juli 2020. Registrasi dan pembayaran serta pengumpulan full paper yaitu pada 1-15 Agustus 2020. Untuk subtema paper dan biaya kontribusi peserta, selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas. Pembayaran dapat dilakukan melalui Virtual Account Bank Mandiri dengan nomor 8855111012010007.

Berikut tautan lengkap untuk informasi lebih lanjut:
Submit abstrak bit.ly/submitabstrakCFPPsiUndip
Registrasi Kegiatan bit.ly/RegistrasiLustrum5PsiUndip
Template Abstrak bit.ly/templateCFP