Perayaan Lustrum V Fakultas Psikologi Undip dirayakan dengan berbagai acara yang bermanfaat, salah satunya yaitu Seminar Nasional. Tema dari seminar kali ini adalah “Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Keynote speaker dalam seminar ini yaitu Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., MA., Ph.D., yang akan berbicara tentang “Peran Perempuan dan Keluarga dalam Society 5.0”. Dilanjutkan dengan pembicara pertama, Prof. Dr. Euis Sunarti, M.Si., yang akan membahas tentang “Revitalisasi Peran Psikologi di Lingkup Keluarga & Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Pembicara kedua, Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph.D akan berbicara mengenai “Revitalisasi Peran Psikologi dari Sudut Pandang Kesehatan Mental: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”.
Diselenggarakan juga presentasi Call for Paper bagi para peneliti dengan tema “Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam Menyambut Society 5.0”. Subtema paper antara lain:
  • Kesehatan mental individu, keluarga, dan komunitas di dunia yang terus berubah
  • Peran Psikologi Industri dan Organisasi menghadapi perubahan
  • Relasi lintas generasi dalam keluarga dan masyarakat
  • Pemanfaatan media sosial dan teknologi informasi untuk kesejahteraan individu
  • Iklim belajar dan optimalisasi potensi peserta didik
  • Kearifan lokal bangsa dalam menghadapi tantangan perubahan global
  • Peran komunitas dan dinamika masyarakat mendukung gerak perubahan bangsa
  • Topik lain yang relevan

Acara akan diadakan pada Sabtu, 29 Agustus 2020, untuk Seminar diadakan pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dan Call for Paper pada pukul 13.00 – 16.00 WIB. Kedua acara ini akan ditayangkan via Microsoft Teams. Batas pengumpulan abstrak pada 24 Juli 2020, dan pengumuman abstrak diterima pada 31 Juli 2020. Registrasi dan pembayaran serta pengumpulan full paper yaitu pada 1-15 Agustus 2020. Untuk biaya kontribusi peserta, selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas. Pembayaran dapat dilakukan melalui Virtual Account Bank Mandiri dengan nomor 8855111012010007. Berikut tautan lengkap untuk informasi lebih lanjut:
Submit abstrak bit.ly/submitabstrakCFPPsiUndip
Registrasi Kegiatan bit.ly/RegistrasiLustrum5PsiUndip
Template Abstrak bit.ly/templateCFP

Artikel terpilih akan dipublikasikan di Jurnal Psikologi Undip (Sinta 2) / Jurnal Empati (terindeks DOAJ) / prosiding ber-ISBN.