Site icon Universitas Diponegoro

MENDIKBUD: Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Siapkan Lulusan Berkualitas yang Siap Kerja

Baru saja Universitas Diponegoro menggelar Launching Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Lingkungan Universitas Diponegoro pada Kamis(13/8/2020). Acara yang yang dikemas Company Gathering bertajuk Launching Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka mengangkat isu Strategic Collaboration in Creating High Work Force University-Company digelar secara daring di Ruang Sidang Rektor kampus Undip Tembalang.

Launching Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka oleh Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim,BA.,MBA dengan diikuti lebih dari 500 perusahaan mitra PT Undip Citra Ciptaprima dan Rektor dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.
Dalam sambutannya, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi kepada Universitas Diponegoro yang sudah jemput bola melaksanakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan menggandeng banyak perusahaan sebagai mitra untuk implementasi merdeka belajar. Lebih lanjut Nadiem menegaskan bahwa,”Merdeka belajar adalah merdeka untuk mencari pengalaman dan ilmu yang relevan dengan magang di perusahaan atau institusi di luar kampus”. Tujuannya dengan magang dan mencari pengalaman yang relevan dengan ilmu yang didapat dari perusahaan adalah untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap kerja. Selanjutnya, Nadiem menjelaskan bahwa Pemerintah akan mendukung program merdeka belajar-kampus merdeka ini dengan memberikan insentif pada perguruan tinggi untuk melakukan kerjasama, mengundang praktisi dari perusahaan untuk mengajar dan pertukaran dosen untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman.

Adapun bagi perusahaan, program merdeka belajar ini adalah program ekstensi untuk menjaring lulusan, bibit-bibit baru, calon pegawai yang handal dan siap kerja.
Senada dengan Mendikbud, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama, SH., M. Hum. mengucapkan terima kasih atas sambutan dan dukungan Mendikbud dan juga Pemerintah untuk program merdeka belajar-kampus merdeka. Prof. Yos melaporkan bahwa Undip telah melakukan perbaikan kurikulum yang disesuaikan dengan program merdeka belajar pada setiap program studi. “Kami sangat mendukung program merdeka belajar-kampus merdeka yang dicanangkan oleh Mendikbud pada tanggal 24 Januari 2020”,ungkap Prof. Yos. “Karena itu Undip membangun link and match dengan lebih dari 1500 perusahaan di Indonesia yang dikelola oleh PT Undip Citra Ciptaprima“,jelasnya. Lulusan Undip banyak diserap di dunia kerja,masuk nomor tiga teratas versi QS rankings sebagai perguruan tinggi yang lulusannya banyak diterima dunia kerja. Prof Yos juga menerangkan tidak hanya menyiapkan calon pegawai yang handal, tetapi Undip juga mendidik lulusan untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha.

Acara Company Gathering dengan kegiatan Launching Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka UNDIP ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Budiyono,M.Si. selaku Dekan Sekolah Vokasi yang memaparkan materi Link and Match for University and Company. Prof Budiyono mengatakan model link and match antara Industri dan Perguruan Tinggi diibaratkan dengan sebuah pernikahan. Juga berkaitan dengan menyiapkan suatu masakan yang lezat. Kampus membuat kurikulum yang baik disesuaikan dengan kebutuhan industri
“Industri memiliki pesanan masakan yang sangat lezat, kampus membuat yang baik, maka resepnya harus dibuat bersama antara kampus dan industri. Di antaranya bisa dilakukan dengan memberi kesempatan mahasiswa magang, pelatihan dosen dan mahasiswa oleh kalangan industri,” kata Prof Budiyono saat memaparkan Model Link and Match antara Industri dan Perguruan Tinggi.

Hadir pula sebagai pembicara Fitrie Arianti, SE., M.Si.,yang menjabat sebagai President Director PT Undip Citra Ciptaprima yang menjabarkan tentang Career Development System. “Kami sangat berterima kasih dengan bapak ibu semuanya yang telah bergabung dan ikut serta membangun SDM mulai masih berstatus mahasiswa serta menerimanya setelah lulus. Kompetensi yang kami siapkan membuat alumni Undip siap masuk dunia kerja. Kami juga senang karena company member telah menyiapkan kesempatan kerja yang sesuai,” ujarnya saat menjabarkan materi Career Development system. Fitrie juga menyampaikan bahwa Undip melalui PT UCCP saat ini telah memiliki program percepatan kompetensi mahasiswa dan lulusan agar siap memasuki pasar kerja diera covid dan post-covid mendatang.

Adapunsebagai moderator Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos.,M.Pol.Admin,Ph.D.

Exit mobile version