Laboratorium Genetika, Pemuliaan dan Reproduksi bekerjasama dengan Departemen Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro telah mengadakan webinar secara virtual pada Selasa, 1 September 2020 pukul 09.30 – 12.30 WIB.

Masa pandemi seperti sekarang ini menjadikan seluruh kegiatan sedikit terhambat, tidak terpungkiri salah satunya kegiatan di perguruan tinggi. Hal yang biasa dilakukan seperti adanya kegiatan pengabdian masyarakat, pembinaan peternak, sosialisasi informasi seputar peternakan dan sebagainya menjadi terkendala padahal informasi teknologi terbaru dalam dunia peternakan untuk menghasilkan produktivitas ternak yang lebih baik perlu disampaikan kepada peternak. 

“Masa pandemi seperti sekarang tidak bisa dijadikan sebagai halangan untuk kita menyampaikan apa yang kita miliki kepada orang lain.”, Ungkap Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM. selaku dosen dari Laboratorium Genetika Pemuliaan dan Reproduksi, FPP Undip dan selaku koordinator webinar.

Topik yang diangkat dalam webinar kali ini yaitu “Aplikasi Teknologi Pemuliaan dan Reproduksi untuk Meningkatkan Produktivitas Kambing” Selama 3 jam kegiatan webinar menyampaikan mengenai beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam menunjang produktivitas ternak kambing. Materi yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Ir. Edy Kurnianto, M.S., M.Agr. mengenai pentingnya rekording dalam usaha peternakan, hampir 50% keberhasilan usaha peternakan dipengaruhi oleh rekording. Prof. Dr. Ir. Barep Sutiyono, M.S., menyampaikan mengenai tata cara menghasilkan kambing yang efisien yaitu dengan memperhatikan dalam pemilihan induk kambing, hal-hal mengenai reproduksi seperti lama kambing berahi, lama bunting dan sebagainya serta materi yang disampaikan oleh narasumber Akhmad Lukman, S.Pt. mengenai cara meningkatkan produktivitas kambing melalui sinkronisasi berahi dan pendeteksian kebuntingan sejak dini.

Webinar juga dihadiri oleh Bapak Tri Agus dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jawa Tengah yang turut memberikan informasi dan menyatakan bahwa kegiatan webinar yang dilakukan sangat bermanfaat dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Antusiasme peserta yang mengikuti acara webinar sangat tinggi terbukti dengan banyaknya peserta webinar yang bertanya dalam sesi tanya jawab. Webinar tercatat terdapat 955 peserta yang mendaftar dan saat webinar diikuti oleh 370 peserta di zoom baik dari dinas peternakan di seluruh Indonesia, praktisi, peternak, mahasiswa, dosen dan masyarakat umum. Recording webinar dapat di akses melalui youtube UNDIP TV. Webinar kali ini juga melakukan pendampingan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat pada KTT Ngudi Dadi di Purbalingga dan KTT Barokah di Grobogan.

Materi webinar dapat di akses melalui link http://bit.ly/MateriWebinarLabGPR