Baru saja UNDIP mengumumkan hasil seleksi Ujian Mandiri (UM) 2 S1 pada Jumat(4/9/2020) pukul 21.00 wib. Hasil seleksi UM 2 dapat diakses melalui link pengumuman.undip.ac.id.

Rektor UNDIP, Prof. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. mengucapkan selamat bagi peserta yang lolos UM 2 S1. “Selamat datang calon mahasiswa di kampus riset dan berkelas yang menjunjung tinggi nilai Pancasila dan semangat juang Pangeran Diponegoro”, ucap Prof. Yos. Dari total pendaftar sejumlah 21.849 orang, dinyatakan lolos sejumlah 2301 orang. “Tingginya minat calon mahasiswa untuk kuliah di UNDIP menunjukkan bahwa UNDIP adalah kampus pilihan utama”, ujar Beliau.

Sebagai salah satu kampus PTNBH di Indonesia, Universitas Diponegoro menjadi tujuan utama dari para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Memiliki 11 Fakultas dan juga Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Vokasi yang terdiri dari program soshum dan saintek, Undip menyediakan 52 program studi untuk program S1 yang telah menghasilkan banyak pakar dalam bidangnya. Tingginya antusiasme pendaftar tiap tahunnya adalah bukti bahwa Undip menjadi  salah satu kampus pilihan utama bukan hanya terbatas di Jawa Tengah. “Terbukti pendaftar tidak hanya dari Provinsi Jawa Tengah saja, melainkan peminat yang mendaftar dan yang lolos seleksi berasal dari 34 provinsi”, ungkap Prof. Yos.

Selain itu, Undip merupakan universitas peringkat ke-3 di Indonesia yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan. Ragam program studi dan fasilitas universitas riset yang ada di Undip menjadi faktor pendukung untuk membentuk lulusan yang handal dan siap kerja. Undip juga memiliki misi agar calon mahasiswa dari segala kalangan dapat melanjutkan pendidikan tingkat universitas dengan menyediakan berbagai program beasiswa. Undip juga bekerjasama dengan banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang memiliki kapasitas daya tampung tinggi untuk para lulusan Undip. Sebagai universitas riset, Undip bersama dengan para mahasiswa juga selalu berusaha mengembangkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi bangsa.

Dari 52 program studi S1, Prodi Kedokteran masih menduduki peringkat teratas dengan total pendaftar 1794 orang. Disusul Prodi Kesehatan Masyarakat dengan total pendaftar 1572 orang. Posisi ketiga, Prodi Hukum dengan pendaftar berjumlah 1433. Kemudian di posisi 4 yakni Prodi Ilmu Komunikasi dengan pendaftar sebanyak 1370 orang. Adapun Prodi Psikologi masuk posisi ke-5 favorit dengan peminat 1307 orang.