SEMARANG -Pesepakbola muda Emir Eranoto Dipasena memutuskan meninggalkan posisinya sebagai Kapten Tim Academy yang berlaga di Klasemen Enam Liga Italia untuk melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang . Pemain muda berbakat yang direkrut San Marco Juventina ini menjadi mahasiswa baru angkatan 2020/2021 di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya.

Wakil Rektor 1 Undip Bidang Akademik dan Kemahasiwaan, Prof Budi Setiyono SSos MPol Admin PhD, membenarkan bahwa pesepakbola Emir  Eranoto Dipasena menjadi mahasiwa baru di Undip. Dengan keahliannya, Emir  bisa memperkuat Tim Sepakbola kepunyaan Kampus Diponegoro, PS Undip. “Kita berharap Emir mau memperkuat PS Undip yang juga aktif di kompetisi sepakbola nasional,” kata Prof Budi Setiyono, Sabtu (5/9/2020).

Menurut Prof. Budi, Emir diterima masuk Undip melalui jalur IUP (International Undergraduate Program), jalur studi internasional yang cukup bergengsi yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah tamu di luar negeri dan mendapat rekognisi pembelajaran. Bentuknya bisa double degree, sandwich program, maupun collaborative degree sehingga yang bersangkutan bisa tetap kuliah meski berada di luar.

Undip sejak beberapa waktu lalu membuka Kelas Internasional Jalur Sarjana (S1) IUP  (International Undergraduate Program) yang dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus. Kelas IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

Saat ini ada 14 Prodi yang membuka Kelas IUP di Undip, yakkni Prodi Sastra Inggris, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Hukum untuk mahasiswa dalam negeri dan mahasiswa asing, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Biologi serta Prodi Kimia. Semua Prodi IUP tidak dalam satu unit tersendiri, namun dikelola oleh masing-masing fakultas.

Emir yang berusia 19 tahun ini adalah pemain muda yang potensial dan sebelumnya berkiprah di di Liga Italia. Ia sudah merantau ke Negeri Pizza sejak 2018 lalu. Kemudian, Emir diboyong tim San Marco Juventina yang bermain di kompetisi kasta keenam Liga Italia, usai tampil apik selama menjabat sebagai kapten tim ISM Academy.

Karena pandemi Covid-19 yang melanda semua negara, termasuk Italia, maka membuatnya pulang ke Tanah Air. Di satu sisi, hingga kini, ia belum mendapat perpanjangan kontrak. Alhasil, waktu pandemi dimanfaatkan Emir untuk belajar, hingga akhirnya ia diterima sebagai mahasiswa baru di Undip.  Padahal, dia juga sempat diterima di salah satu kampus di Italia, jurusan Modern Language and Culture, kampus itu juga ada tim bola yang akan berlaga di Divisi 6 Liga Italia.

Saat ini Emir Eranoto tengah mengikuti program orientasi bagi para mahasiswa baru. Dia pun mengunggah sebuah video tentang Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2020 bertemakan kemartabatan dan keberagaman yang sedang diikuti, di akunnya.