Site icon Universitas Diponegoro

Sebanyak 13.198 Calon Mahasiswa Undip Resmi Menjadi Mahasiswa UNDIP

Universitas Diponegoro resmi melantik sebanyak 13.198 calon mahasiswa menjadi mahasiswa UNDIP pada acara Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru pada Senin (14/9/2020). Acara digelar secara daring dan offline bertempat di Gedung Prof. Soedarto, SH dengan dihadiri Rektor, Ketua SA UNDIP dan Wakil Ketua MWA UNDIP berserta jajarannya.

Rektor UNDIP Prof. Yos Johan Utama, SH., M.Hum. menyampaikan ucapan selamat datang kepada calon mahasiswa yang sudah resmi dilantik menjadi mahasiswa UNDIP. “Selamat datang di kampus UNDIP, kampus yang menjunjung tinggi nilai Pancasila dan keteladanan sosok pahlawan Pangeran Diponegoro yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, adil, berani, dan peduli”, ucap Prof. Yos. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa tidaklah mudah untuk diterima di UNDIP mengingat puluhan ribu peminat yang antusias dan berharap bisa kuliah di UNDIP. Terbukti UNDIP merupakan kampus favorit kedua yang selalu meningkat jumlah peminatnya. Hal tersebut tidak lepas dari prestasi dan capaian UNDIP yang selalu masuk 10 teratas pemeringkatan dan akreditasi dari masing-masing prodi.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol., Admin, Ph.D. menambahkan bahwa Prestasi dan capaian UNDIP tidak terlepas dari misi UNDIP untuk menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul dan kompetitif. Sejak bergabung di UNDIP mahasiswa dapat mengikuti pembinaan karir yang terdiri dari dua pilihan. Pilihan tersebut yaitu sebagai calon wirausahawan/job creator atau sebagai calon pekerja profesional/job seeker. Melalui pembelajaran di kelas perkuliahan serta program pembinaan karir, mahasiswa dapat mengembangkan potensinya secara maksimal sehingga lahir menjadi lulusan yang unggul dan membanggakan.

Total 13.198 mahasiswa baru UNDIP tahun akademik 2020/2021 terdiri dari Program Doktor sejumlah 254 orang. Kemudian Program Magister sejumlah 1.106 orang. Adapun Program Spesialis sebanyak 9 orang dan Program Profesi berjumlah 205 orang. Sementara Program Sarjana 10.086 orang dan Program Vokasi sebanyak 1.538 orang.

Menutup sambutan, Rektor berpesan kepada mahasiswa baru untuk tekun belajar, sekalipun pada masa pandemi saat ini. “Selalu semangat dalam menuntut ilmu, jaga nama baik individu dan kampus tempat belajar”, pesan Prof. Yos. “Insya Allah kelak mahasiswa dapat menjadi lulusan handal yang memberikan kemanfaatan untuk rakyat”, pungkasnya.

Share this :
Exit mobile version