Banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Dari pemahaman akan bahaya virus hingga penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus rantai virus covid 19.

UNDIP sebagai universitas riset bersama dengan Pemkot Semarang membangun sinergi dengan menjalin kerjasama untuk mengembangkan riset dan teknologi. Walikota Semarang H.Hendrar Prihadi,SE.,MM mengungkapkan,berawal dari menyaksikan wisuda Undip ke-159 dengan peraga robot menggantikan kehadiran wisuda karena pandemi, menggugah kami untuk bekerjasama mengembangkan hasil riset UNDIP untuk membantu Pemkot Semarang dalam upaya penanganan pandemi Covid 19 ini. Beliau menambahkan bahwa Pemkot Semarang siap dijadikan laboratorium guna pengembangan dan penelitian lanjutan hasil riset UNDIP, utamanya yang mendukung percepatan penanganan Covid 19. Rencananya robot yang akan digunakan untuk membantu pelayanan akan ditempatkan di lobi balaikota dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Semarang juga perpustakaan. Robot dengan dipermanis penampilannya seperti denok dan kenang ini diharapkan mampu mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang dan membantu percepatan penanganan pandemi covid 19 dengan menghindari kontak langsung.

Sementara, Rektor UNDIP Prof.Yos Johan Utama sangat mendukung kerjasama dengan Pemkot Semarang untuk mengembangkan penelitian dan teknologi dari pakar dan peneliti UNDIP. Prof Yos sangat mengapresiasi semua program Walikota Semarang yang menjadikan Semarang berkembang menjadi smart city. Sebagai apresiasi untuk prestasi Pemkot Semarang dalam membangun kota Semarang dan upaya penanganan Covid 19, maka kami berikan nama robot karya UNDIP untuk mendukung pelayanan prima Pemkot Semarang yakni SEBEMOT singkatan dari Semarang Best Mayor Robot untuk robot pria dan SEBEVIMOT singkatan dari Semarang Best Vice Mayor Robot untuk robot wanitanya, tutur Prof Yos pada acara Penandatangan Komitmen Bersama antara Pemkot Semarang dengan UNDIP tentang Dukungan Penelitian dan Pengembangan Teknologi dalam rangka Penanganan Pandemi Covid 19 di Kota Semarang, pada Rabu(16/9/2020) bertempat di Ruang Loka Krida Kota Semarang Gedung Moch Ichsan Lt. VIII.

Berharap sinergi UNDIP dan Pemkot Semarang akan banyak memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan utamanya mempercepat penanganan Covid 19 di kota Semarang.

Share this :