, ,

UNDIP Sambut Mahasiswa Baru PSDKU dan Program Permata-Sakti Tahun Akademik 2020/2021

Universitas Diponegoro melantik mahasiswa baru PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) dan dan juga menggelar lepas sambut mahasiswa Program PERMATA-SAKTI (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi) pada Senin (21/9). Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru PSDKU dan Lepas Sambut Mahasiswa Program PERMATA-SAKTI UNDIP Tahun Akademik 2020/2021 yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, para Dekan Fakultas beserta jajarannya.

Upacara dibuka dengan pengantar dari Ketua Senat Akademik dan laporan dari Wakil Rektor I. Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini terdapat 459 mahasiswa baru Undip PSDKU yang terdiri dari 89 mahasiswa program sarjana dan 370 mahasiswa program diploma. Mahasiswa baru tersebut nantinya akan berkuliah di Kampus PSDKU Undip yang bertempat di kota Pekalongan, Batang, dan Rembang. Kedatangan mahasiswa baru juga disambut baik oleh Bupati Pekalongan, Bupati Batang, dan Bupati Rembang yang mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus PSDKU Undip.

Bersamaan dengan acara penerimaan mahasiswa baru PSDKU, Undip melepas 47 mahasiswa Program PERMATA-SAKTI untuk mengikuti program PERMATA-SAKTI pada 18 PTN wilayah Barat dan Timur. Dan menyambut 195 mahasiswa program PERMATA-SAKTI dari 24 perguruan tinggi wilayah Barat dan Timur.

Program pertukaran mahasiswa tingkat nusantara ini memiliki tujuan antara lain untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan integritas mahasiswa se-Indonesia, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill mahasiswa dengan karakter Pancasila, memberi kesempatan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar di perguruan tinggi lain, serta meningkatkan mutu pendidikan melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggi.

Sebagai World Class University yang termasuk dalam peringkat ke-4 di Indonesia, UNDIP selalu meningkatkan sistem pembelajarannya menjadi lebih baik.

Dengan membangun kampus PSDKU dan bergabung dalam program PERMATA-SAKTI, diharapkan agar mahasiswa UNDIP dapat menghadapi globalisasi dengan kolaborasi dan akselerasi yang baik antara mahasiswa dan kampus. “Selamat datang bagi mahasiswa baru PSDKU dan PERMATA-SAKTI 2020. UNDIP adalah universitas nasional yang mahasiswanya terdiri dari berbagai suku bangsa dan anti radikalisme. Di sini mahasiswa tidak hanya belajar akademik tetapi juga soft skill dan berorganisasi untuk mengembangkan potensi diri”, tutur Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.

Beliau menyampaikan pula progress pembangunan kampus PSDKU UNDIP. Kampus PSDKU akan dibangun secara berkelanjutan dengan menambah sarana dan prasarana menjadi lebih baik. Untuk kampus PSDKU Batang dan Pekalongan dapat ditingkatkan sarana dan prasarananya, sedangkan untuk kampus PSDKU Rembang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat.

Prof Yos juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya kepada pemimpin daerah,Bupati Batang, Pekalongan dan Rembang yang mendukung sarana dan fasilitas pembelajaran mahasiswa PSDKU. Berharap kampus PSDKU Undip dapat terus membantu Pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. Juga mencetak lulusan yang handal dan memberikan kemanfaatan untuk masyarakat.

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait