JABUNGAN, SEMARANG Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu elemen dalam Tridarma Perguruan Tinggi merupakan wujud nyata mahasiswa dalam memberikan kontribusi langsung melalui sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Program Local Wisdom Research MITI KM yang merupakan rangkaian program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UKM Research and Business UNDIP telah lolos proposal yang didampingi oleh Dosen Pembimbing, yaitu Tutik Dalmiyatun, S.Pt., M.Sc yang dilaksanakan di RW 01, Kelurahan Jabungan, Kota Semarang.

Pada hari Minggu, 20 September 2020 ini dilaksanakan kegiatan dengan mengangkat topik sosialisasi dan pelatihan pembuatan kokedama. Pada kegiatan yang pertama yaitu sosialisasi mengenai pengenalan apa itu kokedama, peralatan dan bahan, pemilihan jenis tanaman yang sesuai untuk menanam dengan teknik menanam kokedama, tahapan pembuatan kokedama, hingga perawatan kokedama yang baik itu seperti apa yang dipaparkan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sudah berpengalaman dalam bisnis di bidang pertanian dan pernah menjuarai lomba Business Plan dgn mengangkat topik mengenai kokedama, yaitu Muhammad Rizki Arya Bhayangkara.  Sekilas menjelaskan apa itu Kokedama. Kokedama adalah teknik dan seni menanam dari Jepang yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut) lalu mengikatnya dengan tali. Kokedama telah banyak mengalami perubahan dan saat ini kokedama digunakan sebagai tanaman penghias di dalam rumah (indoor). Metode kokedama menggunakan lumut sebagai pengganti lumut juga membantu pemanfaatan limbah sabut kelapa (coco fiber). Teknik menanam Kokedama sendiri belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, sehingga hal tersebut menjadi sebuah peluang bisnis dalam meningkatkan perekonomian Ibu-Ibu di Kelurahan Jabungan, Banyumanik, Kota Semarang.

Masyarakat khususnya Ibu-ibu PKK Kelurahan Jabungan tepatnya di RW 01 tidak hanya diberikan secara teori saja tetapi juga keahlian secara praktis dalam pembuatan kokedama melalui kegiatan “Pelatihan Praktek Pembuatan Kokedama” yang bertempat di halaman rumah salah satu warga RW 01 Kelurahan Jabungan. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama antara Mahasiswa Tim LWR MITI Jadiy dan Ibu-Ibu PKK RW 01 Kelurahan Jabungan yang dibantu oleh Arya dan dibimbing oleh dosen pembimbing dalam praktek pembuatan kokedama ini. Kegiatan ini dilakukan dengan diawali dengan membongkar tanaman yang telah disediakan dari polybag dan tanahnya disingkirkan dengan hati-hati dan memperhatikan akar tanaman supaya jangan sampai rusak. Kemudian, tanah hitam, pupuk dan sekam dengan perbandingan 3:2:1 dicampur sambil disemprotkan air jika diperlukan untuk bisa merekatkan tanah dengan memberikan alas berupa plastik yang lebar. Selanjutnya, siapkan mangkok yang dilapisi plastik kresek kecil untuk mencetak kokedama agar terlihat lebih bulat di area mangkok dan berikan lumut atau serabut kelapa di area mangkok. Setelah itu, melakukan penekanan seperlunya pada setiap sisi bola tanah yang dibuat tadi sehingga akar tertutup dengan rapi dan bentuklah hingga kokedama menjadi bulat secara perlahan. 

Setelah semua kokedama selesai dibentuk, kemudian melilitkan benang jahit dengan mengelilingi seluruh permukaan bola yang sudah diselimuti sabut kelapa atau lumut, sehingga sabut kelapa atau lumutnya membungkus tanah dengan sangat rapi dan mulus. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tanah tidak keluar dari sabut kelapa atau lumut yang berguna sebagai pembungkusnya. Kokedama yang sudah jadi, selanjutnya dianyam menggunakan tali kur berwarna-warni yang dibantu oleh Tim LWR MITI Jadiy dalam pembuatan kokedamanya yang disesuaikan dengan ukuran kokedama yang dibuat. Akhirnya, Kokedama yang sudah jadi dapat dipajang dengan cara menggantung di area yang teduh menggunakan tali kur yang sudah dibuat, ataupun dapat juga diletakkan pada piring atau tatakan kecil untuk mengatur display kokedama yang telah dibuat. 

Rangkaian kegiatan tersebut, ditutup dengan melakukan sesi foto bersama untuk dokumentasi Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kokedama pada hari Minggu, 20 September 2020 antara Tim LWR MITI Jadiy, Ibu-Ibu PKK RW 01 Kelurahan Jabungan dan Dosen Pembimbing tim ini. Selanjutnya kegiatan pembuatan kokedama akan dilakukan secara berkala oleh ibu-ibu PKK didampingi oleh Tim, agar ibu ibu PKK menjadi terampil, selain itu kedepan akan diadakan pendampingan pemasaran produk kokedama. Upaya pendampingan ini dilakukan agar mampu memberikan dampak bagi masyarakat, mulai dari peningkatan pengetahuan, keterampilan dan peningkatan pendapatan keluarga dengan hasil penjualan produk kokedama.