SEMARANG – Perusahaan logistik JNE memberikan layanan pengiriman gratis untuk mendukung distribusi bantuan Ikatan Alumni (IKA) UNDIP kepada warga di Kecamatan Tembalang dan sekitarnya. Pemberian bantuan berupa masker, hand sanitizer dan cairan disinfektan dari IKA UNDIP itu dilakukan dalam rangka Dies Natalis ke-63 UNDIP.

Kepala Cabang JNE Semarang, Wahyu Sangerti Alam, mengatakan mengungkapkan keikutsertaan perusahaannya dalam membantu mengirim paket gratis ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility  (CSR) perusahaannya. “Manajemen JNE sepakat untuk ikut terlibat dalam upaya membantu penanganan COVID-19, dalam hal ini mendistribusikan bantuan berupa masker, hand sanitizer dan disinfektan kepada masyarakat,” kata Wahyu Sangerti Alam, Rabu (30/9/2020).

Komitmen memberikan pengiriman secara gratis terhadap bantuan masyarakat yang dilakukan JNE juga sudah dilakukan saat distribusi alat pelindung diri (APD) dengan sejumlah yayasan dan foundation ke sejumlah titik saat terjadi kelangkaan APD di pasar. Meski bentuknya bantuan, layanan pengiriman bantuan tetap dilakukan secara profesional dan sesuai waktu yang disepakati.

Adapun bantuan dari IKA UNDIP berupa 250 liter hand sanitizer (10 derigen @ 20 liter dan 10 derigen @ 5 liter), 150 liter disinfektan (30 derigen @ 5 liter) dan 1.000 pcs masker kain itu, secara resmi diterima oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Dr Nurjazuli SKM MKes, di halaman Gedung Widya Puraya, Kampus UNDIP, Tembalang, Kota Semarang.

Menurut Dr Nurjazuli, bantuan dari IKA UNDIP yang dikirim dari Jakarta ini, nantinya  akan didistribusikan bersama-sama bantuan dari UNDIP lainnya kepada masyarakat di Kelurahan Tembalang, Bulusan dan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, yang letaknya berada di sekitar kampus UNDIP. Bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban dan menguatkan ketahanan masyarakat menghadapi pandemi COVID-19. “Nantinya jumlah keseluruhan yang akan dibagikan total 940 paket. Rincian pembagiannya, Kelurahan Tembalang 320 paket, Bulusan 320 paket, dan  di Kelurahan Keramas 300 paket,” ujar Nurjazuli, seusai acara penyerahan bantuan dari IKA UNDIP.

Bantuan ini, tambah dia, merupakan bentuk kepedulian UNDIP di tengah kondisi pandemi COVID-19. Pasalnya, masker, disinfektan dan hand sanitizer sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Dia mengingatkan masih banyak saudara-saudara kita yang terpaksa tak memakai masker bukan karena tidak patuh tapi karena pemilikannya terbatas. Karena itu, bantuan perlu diberikan.

Bantuan tersebut dijadwalkan akan distribusikan dalam acara bakti sosial (Baksos) Dies Natalis ke-63 UNDIP yang akan dilaksanakan Jumat (2/10/2020). Dan secara simbolis diberikan kepada masing-masing lurah, dan juga disaksikan oleh Camat Tembalang di kampus UNDIP. Kemudian, setelah secara simbolis, UNDIP mengantarkan bantuan ke kelurahan. Khusus untuk Kelurahan Kramas, UNDIP mengantar sampai RT/RW.

Nurjazuli yang juga Sekretaris Acara Dies Natalis ke-63 UNDIP mengatakan, ada sejumlah acara dalam memeriahkan rangkaian acara Dies tersebut. Ada lomba tenis dan badminton  yang diikuti internal karyawan UNDIP serta seminar internasional yang dilaksanakan FKM dan  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.