Center for ICZM (Integrated Coastal Zone Management) Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan dengan Tim Orange Knowledge Programme yang bertempat di Ruang Seminar Lab. Terpadu UndipCenter for ICZM (Integrated Coastal Zone Management) Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan dengan Tim Orange Knowledge Programme yang bertempat di Ruang Seminar Lab. Terpadu Undip (8/9). Kegiatan ini merupakan kunjungan delegasi Belanda yang pertama di antara kunjungan ke lembaga kerjasama Indonesia-Belanda yang lain.  Rapat tersebut dipimpin oleh Dr.-Ing Wisnu Pradoto selaku Project Director Orange Knowledge Programme dan Dr Muhammad Helmi selaku Deputy Director.

Pertemuan ini membahas kelanjutan kerjasama project dengan Provinsi Jawa Tengah di tengah masa pandemi covid-19. Pemprov Jawa Tengah merasa perlu mengadakan kajian ulang terhadap rencana kegiatan yang tertunda. Pada kesempatan ini disepakati beberapa kerjasama antara Universitas Diponegoro dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diantaranya pengelolaan wilayah pesisir Kabupaten Brebes, pengembangan kawasan industri terpadu Kab. Batang, dan penataan kawasan permukiman pesisir di Kab. Rembang.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Delegated Representative Water Netherlands-Indonesia yang dipimpin Dr. Rien A.C.Dam, dan dihadiri juga oleh Victor John Coenen dari Witteveen+Bos the Netherlands, Barry Beagen dari Yayasan Kota Kita, dan berbagai dinas dari Provinsi Jawa Tengah, antara lain Dinas PUSDATARU, Disperakim, Diskominfo, Disnakertrans, dan Setda Jawa Tengah.

Harapan kedepan, kawasan Pantura Jawa Tengah akan menjadi suatu potensi yang menarik, perkembangan industri dan lintas sektor semakin besar, sehingga perlu perencanaan tata ruang pantai dalam membagi kawasan budidaya-nonbudidaya, mengingat banyak bangunan dan kawasan permukiman yang semakin berkembang di kawasan pantai.